NASIONAL

Lepas 29 Kontingen RI ke Olimpiade Paris, Jokowi: Bawa Pulang Medali

29 atlet Indonesia lebih dulu menjalani prosesi pengukuhan

AUTHOR / Astri Yuanasari

EDITOR / Muthia Kusuma

olimpiade
Upacara Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/7/2024). (FOTO: ANTARA/Aprilio Akbar)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas kontingen Indonesia menuju Olimpiade Paris ke-33 Tahun 2024, di halaman Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta. Jokowi berpesan kepada seluruh delegasi untuk mempersiapkan diri dengan maksimal, karena seluruh rakyat Indonesia menaruh banyak harapan kepada atlet-atlet yang akan bertanding di arena olahraga dunia yang bergengsi ini.

"Mata dunia akan tertuju semuanya pada penampilan saudara-saudara. Dan juga rakyat Indonesia juga akan tertuju semuanya kepada saudara-saudara, dan akan mengelu-elukan saudara-saudara semuanya, dan menaruh banyak harapan kepada atlet-atlet kita. Oleh karena itu persiapkan diri dengan baik, siapkan fisik, siapkan mental, siapkan diri untuk bertanding, dan harapan kita semuanya semoga berhasil, dan menang, dan membawa pulang medali," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Jokowi mengatakan, seleksi untuk menjadi anggota delegasi Olimpiade ini sangat ketat. Para atlet yang diberangkatkan adalah atlet-atlet pilihan. Kepala negara juga mengatakan, perjuangan kontingen Indonesia akan sangat berat untuk bertanding dalam event olahraga dunia ini. Sebab ajang ini pasti juga melibatkan atlet-atlet terbaik dari seluruh dunia.

"Tapi saya pesan agar semuanya harus optimis, bertandinglah dengan penuh semangat. Dan saudara-saudara pasti tahu apa yang diinginkan oleh rakyat Indonesia, rakyat menginginkan bendera merah putih dikibarkan di arena olimpiade, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena olimpiade, dan saudara-saudara pulang membawa medali. Sekali lagi selamat bertanding, harumkan nama Indonesia di mata dunia," pungkasnya.

Baca juga:

Sebelumnya, sebanyak 29 atlet Indonesia lebih dulu menjalani prosesi pengukuhan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo. Pengukuhan itu berlangsung siang tadi di Auditorium Wisma Kemenpora. Olimpiade Paris 2024 berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus.

Puluhan atlet yang akan berlaga di Olimpiade Paris terdiri dari 12 cabang olahraga. Meliputi cabor angkat besi, atletik, balap sepeda, bulutangkis, dayung, judo, panjat tebing, renang, menembak, panahan, selancar ombak dan senam artistik.

Tak hanya para atlet, Indonesia juga akan menugaskan enam wasit yang akan memimpin sejumlah pertandingan di Olimpiade Paris 2024.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!