NASIONAL

Kunjungi Papua, Wapres Ingin Pastikan Pembangunan Sesuai Rencana

Wakil Presiden Maruf Amin ingin memastikan pembangunan di Papua berjalan sesuai dengan rencana.

AUTHOR / Astri Yuanasari

Maruf Amin kunker ke Papua
Wapres Ma'ruf Amin bertolak ke Papua dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (11/7/2023). (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Maruf Amin ingin memastikan pembangunan di Papua berjalan sesuai dengan rencana.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan Maruf Amin yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pengarah Papua melakukan kunjungan kerja selama enam hari di Bumi Cendrawasih.

Ia menyebut, wapres akan mengunjungi tiga Provinsi di Papua. Yakni; Papua Tengah, Papua Barat, dan Papua Barat Daya. Kunjungan dilakukan mulai Selasa (11/7/2023) hingga Senin (17/7/2023).

"Beliau akan berkunjung ke Timika, ada penyerahan secara simbolis ya BPJS bagi pekerja rentan. Di sana juga ada semacam pemaparan kegiatan prioritas dan kegiatan sosial di PT Freeport. Wakil presiden juga akan melakukan peninjauan kelas ya dan interaksi dengan pelajar, serta melakukan presentasi Baksos dan peninjauan terhadap operasi katarak yang ada di sana," kata Masduki dalam keterangan pers, Selasa (11/7/2023).

Masduki menambahkan, Wapres Maruf Amin juga akan berkunjung ke Nabire untuk melakukan peletakan batu pertama sarana dan prasarana kantor pemerintah. Selain itu, wapres juga akan berdialog dengan petani Papua Tengah.

Kemudian di hari ketiga, wapres akan berkunjung ke Fakfak Papua Barat untuk memaparkan progres pembangunan proyek prioritas dan peninjauan pengelolaan pala, serta melakukan pertemuan dengan para ulama di sana.

"Di hari yang keempat, Wapres juga akan berkunjung ke daerah Bintuni, di sana akan dilakukan pemaparan proyek-proyek strategis, serta akan melakukan peninjauan terkait dengan adanya kerjasama pelatihan tenaga kerja di sana. Dalam hal ini Wapres insya Allah akan didampingi oleh menteri tenaga kerja. Kalau di Fakfak nanti juga Wapres akan didampingi oleh menteri investasi Bapak bahlil," imbuhnya.

Sementara di hari kelima, Wapres Maruf Amin dijadwalkan berkunjung ke Manokwari Papua Barat, untuk membuka Konferensi Hari Pekabaran Injil dan menyaksikan pemaparan proyek-proyek strategis serta melakukan kunjungan hingga audiensi dengan gubernur.

"Saya kira rangkaiannya seperti itu, ada 6 hari Wapres akan berkunjung, ini juga merupakan kunjungan sebagai komitmen Wapres untuk memastikan bagaimana agar masyarakat Papua bisa sejahtera," tuturnya.

Baca juga:

- Redam Konflik di Papua, Jokowi Lobi Australia dan PNG

- Jokowi Sebut Panen Jagung di Lumbung Pangan Keerom Melebihi Standar

Sebelum kedatangan Ma'ruf Amin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah berkunjung ke Papua pada Rabu (5/7/2023) hingga Jumat (7/7/2023) pekan lalu.

Ada sejumlah kegiatan Jokowi ketika itu, antara lain, meresmikan terminal Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, meninjau food estate di Kabupaten Keerom, serta berdialog dengan pelajar.

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!