NASIONAL

KIM Plus Bahas Pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, Suswono atau Kaesang?

Para ketua umum Koalisi Indonesia Maju akan duduk bersama membahas calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ridwan Kamil.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Wahyu Setiawan

Pilkada 2024
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil mengikuti rapat pleno DPP Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

KBR, Jakarta – Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan membahas calon pendamping Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Dua nama yang belakangan mencuat yakni politikus senior PKS Suswono dan Ketua Umum PSI yang juga anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

"Saya yakin nanti ketua umum baru (Golkar) akan duduk bersama dengan para ketua umum Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk membahas siapa calon wakil gubernur yang akan mendampingi Pak Ridwan Kamil. Prinsipnya bagi kami yang terpenting sekarang kader Partia Golkar, Pak Ridwan Kamil, mudah-mudahan disetujui oleh semua KIM Plus tersebut," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Ace Hasan mengatakan Partai Golkar akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) untuk mencari ketua umum definitif. Rapimnas dan Munas Golkar akan digelar pada 20 Agustus 2024.

"Tentu karena pada saat pendaftaran (pasangan calon) nanti harus sama-sama dengan ketua umum terpilih, tentu saya kira juga akan ditentukan siapa calon ketua umum terpilih nanti," jelasnya.

"Rapim akan dilaksanakan di JCC (Jakarta Convention Center) tanggal 20 Agustus sampai sore, malamnya akan dilaksanakan Munas sampai besok paginya tanggal 21 Agustus," ungkapnya.

Baca juga:

Sementara itu, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan tak masalah jika Ridwan Kamil dipasangkan dengan Suswono atau Kaesang.

"Enggak ada masalah. Nasdem oke-oke aja," kata Paloh di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Menguat ke Suswono

Suswono merupakan bekas Menteri Pertanian sekaligus Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberi sinyal bakal mengumumkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono pada 19 Agustus.

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2024), dikutip dari ANTARA.

Nama Suswono juga sebelumnya diungkap oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Dia menepis anggapan sosok inisial S pendamping Kamil yakni Kaesang.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!