NASIONAL

Golkar: Inisial S, Cawagub Jakarta Pendamping Ridwan Kamil

Airlangga membantah awak media yang menyebut cawagub berinisial "S" itu sebagai Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

AUTHOR / Muthia Kusuma

EDITOR / R. Fadli

Ridwan Kamil
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato. (Foto: antaranews)

KBR, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato hari ini membocorkan inisial nama "S" yang akan diusung sebagai calon wakil gubernur mendampingi Ridwan Kamil di Pemilihan Gubernur Jakarta 2024.

Airlangga membantah awak media yang menyebut cawagub berinisial "S" itu sebagai Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Airlangga juga membantah nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman yang bersanding bersama Ridwan Kamil.

Airlangga juga membantah keputusannya mengusung Ridwan Kamil sebagai cagub Jakarta, merupakan upaya untuk menjegal Anies Baswedan dalam kontestasi.

Sementara itu, calon gubernur Jakarta dari Partai Golkar, Ridwan Kamil sebelumnya menyatakan, akan merangkul seluruh kalangan, termasuk tim sepak bola Persija, jika terpilih menjadi Gubernur Jakarta.

Mencintai Jakarta dan seisinya termasuk klub dan suporter Persija, menurut Ridwan Kamil, menjadi rumus tata krama bila dirinya menjadi Gubernur Jakarta.

Bekas Gubernur Jawa Barat itu juga menyatakan dirinya tidak ingin melawan kotak kosong. Hal itu diungkap lantaran dirinya masih jadi satu-satunya orang yang sudah didukung resmi oleh koalisi partai politik untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur di Pilkada Jakarta.

“Idealnya kalau bisa tidak dengan kotak kosong bukan saya yang ngatur terkait sebagai pengantin gitu harapannya ada kontestan gitu ya biar bisa berdebat yang terbaik kan buat Jakarta betul cara informal tapi kan sebagai pengantin saya ini setelah saya ya tidak berpengaruh itu dalam mengambil keputusan itu cuman kalau ditanya idealnya,” kata Ridwan Kamil, Kamis (8/8/2024) malam.

Ridwan Kamil juga mengatakan, mekanisme melawan kotak kosong tetap salah satu dari tata cara berdemokrasi yang sah di Indonesia.

Lebih jauh Ridwan Kamil juga menyatakan siap jika harus melawan calon petahana di Pilgub Jakarta, yaitu Anies Baswedan.

Saat ini partai politik yang sebelumnya menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan seperti Partai Keadilan Sejahtera PKS, Partai Kebangkitan Bangsa PKB maupun Nasional Demokrat belum menandatangani hitam di atas putih pernyataan dukungan terhadap Anies Baswedan.

Baca juga:

Tak Ada Niat Jegal Anies, RK Ogah Lawan Kotak Kosong

KIM Plus Dinilai untuk Jegal Anies di Pilkada Jakarta

Temui Cak Imin, Kaesang Siap Lawan Anies dan RK

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!