NASIONAL

Kemenkes: Sub PIN Polio Hari Pertama Lampaui Target

PIN Polio menargetkan 8,4 juta anak berusia 0- 7 tahun

AUTHOR / Astri Yuanasari

Imunisasi polio
Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Puskesmas Tambakrejo, Semarang, Jateng, Senin (15/01/24). (Antara/Makna Zaezar)

KBR, Jakarta- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan capaian cakupan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari pertama (15/1)  telah mencapai cakupan total 21,9 persen. Angka ini sudah melebihi target cakupan hari pertama, yakni 13,6 persen.

Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan tertulis, Selasa (16/1) merinci, cakupan Sub PIN Polio di Jawa Tengah sejumlah 664.618 anak atau 17 persen, di Jawa Timur sebanyak 1.168.443 anak atau 26,3%, cakupan Sleman DIY sebesar 22.467 anak atau 23,2%.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, dan Jawa Tengah, serta Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mulai Senin (15/1).

Pemberian imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) menargetkan 8,4 juta anak berusia 0- 7 tahun. Rinciannya, Provinsi Jawa Timur sebanyak 4,4 juta anak, Provinsi Jawa Tengah 3,9 anak, dan Kabupaten Sleman DIY sebanyak 149 ribu. Pelaksanaan Sub PIN akan dilaksanakan selama 1 pekan, diikuti sweeping selama 5 hari.

Baca juga:

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan Sub PIN Polio ini menargetkan anak berusia 0 sampai 7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Artinya, meski status imunisasi sudah lengkap, anak tetap harus mengikuti program Sub PIN Polio.

Dirjen Maxi menjelaskan Sub PIN Polio akan dilaksanakan dalam 2 putaran. Putaran pertama dimulai pada 15 Januari 2024, sedangkan putaran kedua akan berlangsung mulai 19 Februari 2024. Masing-masing putaran dilaksanakan dalam waktu satu minggu dengan jarak antarputaran minimal satu bulan.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!