NASIONAL

Kapolri Jamin Keamanan Masyarakat Saat Mudik Lebaran 2023

"Kepolisian melaksanakan operasi ketupat yang akan kita laksanakan secara terpusat dan juga diikuti seluruh wilayah mulai dari tanggal 18 sampai dengan tanggal 1 Mei."

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Kapolri Jamin Keamanan Masyarakat  Saat Mudik Lebaran 2023
Ilustrasi: Kendaraan memadati Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 23 Juni 2017. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta – Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjamin keamanan masyarakat yang akan bepergian mudik saat Lebaran 2023. Listyo mengatakan kepolisian bakal menggelar Operasi Ketupat di momen Idulfitri tahun ini. Operasi tersebut bakal digelar serentak mulai 18 April sampai 1 Mei 2023.

Hal itu disampaikan Kapolri usai rapat lintas sektoral yang dihadiri Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, 6 April 2023.

“Kepolisian melaksanakan Operasi Ketupat yang akan kita laksanakan secara terpusat dan juga diikuti seluruh wilayah mulai dari tanggal 18 sampai dengan tanggal 1 Mei. Namun demikian untuk melaksanakan prakondisi kami melaksanakan operasi rutin yang dtingkatkan satu minggu sebelum tanggal 18 dan satu minggu setelah tanggal 1 Mei,” kata Listyo dalam konferensi pers “Kesiapan Mudik Lebaran 2023, Kamis (6/4/2023).

Listyo menambahkan, berbagai persiapan dan pengamanan yang digelar menjelang Lebaran diharapkan membuat mudik tahun ini berjalan lancar. Sekaligus bisa menekan angka kecelakaan yang berpotensi terjadi.

"Sehingga kita harapkan bahwa angka laka lantas ini bisa kita turunkan, masyarakat bisa melaksanakan mudik dengan aman dan lancar baik yang melalui jalur tol, arteri, maupun jalur penyerangan di Merak, Bakauheni, atau Gilimanuk," tutur Sigit.

Baca juga:

Sebelumnya, data dari Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan memprediksi 123,8 juta orang bakal bepergian pada Lebaran 2023. Angka tersebut naik dibandingkan Lebaran 2022 yang memiliki potensi pergerakan nasional sebanyak 85,5 juta.

Editor: Resky Novianto

  • mudik
  • mudik lebaran 2023
  • lebaran
  • lebaran 2023
  • kapolri
  • Listyo sigit prabowo
  • operasi ketupat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!