NASIONAL

Jumlah Jemaah Haji Wafat di Tanah Suci Bertambah Jadi 66 Orang

"Wafat di Mekah sebanyak 35 orang jamaah yang wafat di Madinah sejumlah 28 orang dan di Jeddah sebanyak 3 orang"

AUTHOR / Astri Yuanasari

Jamaah haji meninggal
Petugas membawa jenazah untuk dishalatkan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Rabu (14/06/23). (Antara/Wahyu Putro)

KBR, Jakarta- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengumumkan, pada hari ini jemaah haji Indonesia yang meninggal  di Tanah Suci  bertambah 4 orang. Koordinator Media Center Haji (MCH) Pusat Dodo Murtado mengatakan, total jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci hingga saat ini sejumlah 66 orang.

"Sehingga sampai hari ini jumlah jemaah yang wafat di Arab Saudi sebanyak 66 orang dengan rincian jemaah yang wafat di Mekah sebanyak 35 orang, jemaah yang wafat di Madinah sejumlah 28 orang, dan di Jeddah sebanyak 3 orang, seluruh jemaah yang wafat tersebut selanjutnya akan dibadal haji kan," kata Dodo dalam keterangan pers, Jumat (16/6/2023).

Dodo merinci, empat jemaah tersebut adalah Eko Isnandar (60) dan Mujiyanto (54) keduanya berasal dari embarkasi Surabaya. Kemudian Azzam Dahmat (67) dari embarkasi Jakarta-Bekasi, dan Jariyah (86) dari embarkasi Jawa Tengah-DIY.


Baca juga:

 

Dodo menjelaskan, hingga  15 Juni 2023 pukul 24.00 WIB, jumlah jemaah gelombang 2 yang telah tiba di Makkah berjumlah 54.212 orang, yang tergabung dalam 141 kelompok terbang (Kloter).

"Kemudian jumlah jemaah dan petugas yang didorong dari Madinah ke Mekkah untuk selanjutnya juga akan menjalankan ibadah umrah wajib yaitu hari ini berjumlah 8235 orang atau 21 kloter. Dan adapun total jemaah haji yang masih berada di Madinah sampai hari ini sebanyak 4460 orang yang tergabung dalam 12 kloter," imbuhnya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!