NASIONAL

Jokowi Dorong Kerjasama Konkret ASEAN-Tiongkok

"Kita perlu memaknai semua ini dengan merealisasikan kerjasama konkret yang saling menguntungkan,"

AUTHOR / Astri Septiani

KTT ke-43 ASEAN
Presiden Jokowi berbincang dengan Premier of the People's Republic of China Li Qiang, ASEAN-China Summit ke-26 di Jakarta, Rabu (06/09/23). (Antara/Dwi P.)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sebagai rangkaian dari acara KTT ke-43 ASEAN. Dalam pidato pembukanya, Jokowi menyebut RRT adalah 1 dari 4 mitra dialog ASEAN yang memiliki status mitra strategis komprehensif.

"Dan tahun ini adalah 20 tahun aksesi RRT terhadap Treaty of Amity and Cooperation. Kita perlu memaknai semua ini dengan merealisasikan kerjasama konkret yang saling menguntungkan," kata Jokowi di Gedung Jakarta Convention Center, Rabu (6/9/23).

Kata Jokowi, kerja sama yang konkret dan menguntungkan hanya bisa dilakukan jika ASEAN dan RRT memiliki kepercayaan satu sama lain. Meski begitu Jokowi menyatakan bahwa kepercayaan itu harus dibangun dan dipelihara oleh semua pihak. 

Kata Jokowi, kepercayaan dan kerjasama konkret inilah yang dapat menjadi kekuatan positif bagi stabilitas dan perdamaian kawasan.

"Dengan demikian dari saya dan dengan ini saya nyatakan KTT ke-26 ASEAN dan RRT dibuka," kata Jokowi

Baca juga:

- Jokowi: Jangan Jadikan ASEAN Arena Rivalitas yang Menghancurkan

- WFH Saat KTT ke-43 ASEAN Mampu Kurangi Polusi dan Kemacetan?

Hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Rabu 6 September 2023, bakal diisi dengan sejumlah rangkaian acara dari pagi hingga malam hari. Hari ini akan ada sejumlah pertemuan yakni dimulai dari KTT- ke 26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke 24 ASEAN-Republik Korea, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, KTT ke-26 ASEAN plus tiga (APT), KTT ASEAN-Amerika Serikat dan KTT ASEAN-Kanada.

Selain itu hari ini juga bakal digelar ASEAN Indo-pacific forum (AIPF) hari kedua, setelah sebelumnya Selasa kemarin AIPF telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pada malam harinya, dijadwalkan akan berlangsung Gala Dinner atau jamuan makan malam bagi para kepala negara serta delegasi KTT ASEAN ke -43 oleh Presiden Joko Widodo.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!