NASIONAL

Jokowi Buka Paviliun Indonesia di Hannover Messe 2023

"Kapal Pinisi ini kami memiliki kompas yang kami namakan Peta Jalan Making Indonesia 4.0."

AUTHOR / Astri Septiani

Jokowi Buka Paviliun Indonesia di Hannover Messe 2023
Presiden Jokowi (kiri) saat membuka Paviliun Indonesia di Hannover Messe 2023, Senin (17/4/2023). (Dok Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo membuka paviliun Indonesia di pameran Hannover Messe 2023. Saat membuka paviliun, Jokowi didampingi Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan paviliun Indonesia didesain khusus mengikuti bentuk dari kapal tradisional Indonesia, yakni Kapal Pinisi. Kata dia, pemerintah ingin menghadirkan semangat Indonesia dalam mengarungi tantangan masa depan.

"Kapal Pinisi ini kami memiliki kompas yang kami namakan Peta Jalan Making Indonesia 4.0 sebagai navigator transformasi industri di Indonesia. Saya mengajak Bapak Ibu ke paviliun ini untuk melihat Indonesia sebagai land of opportunity dan sebagai hub manufaktur masa depan," kata dia di pameran Hannover Messe 2023, Jerman, Senin (17/4/2023).

Baca juga:

Presiden menjelaskan, Kapal Pinisi paviliun Indonesia memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar. Dua tiang layar utama mencerminkan pondasi transformasi Indonesia yaitu hilirisasi industri dan percepatan transisi energi bersih.

Sementara simbol tujuh layar mencerminkan sektor prioritas yang dipromosikan oleh co-exhibitor atau perusahaan asal Indonesia. Yaitu makanan, tekstil, otomotif, elektronik, kimia, alat kesehatan, dan farmasi.

Jokowi yakin, percepatan transformasi industri Indonesia akan berkontribusi bagi bangkitnya ekonomi kawasan dan ekonomi global.

Editor: Wahyu S.

  • energi terbarukan
  • hilirisasi
  • tambang
  • Presiden Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!