NASIONAL

Jokowi Apresiasi Prestasi Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024

"Yang jelas pasti ada bonus,"

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Muthia Kusuma

Olimpiade
Kontingen Indonesia peraih medali di Olimpiade Paris 2024. (FOTO: ANTARA)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengapresiasi capaian kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang sementara ini berhasil mempersembahkan 2 medali emas dan 1 medali perunggu. Apresiasi itu disampaikan Jokowi usai menghadiri Festival LIKE (Lingkungan, Iklim, Kehutanan, EBT) 2 yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

"Saya sangat senang. Saya sangat mengapresiasi dan juga masyarakat saya kira semuanya senang semuanya terhadap perolehan emas dari Veddriq Leonardo di panjat tebing dan juga baru saja Rizki Juniansyah juga di angkat besi. Saya kira negara mengapresiasi, rakyat juga sangat bangga terhadap capaian emas itu," kata Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (09/08/24).

Baca juga:

Presiden Jokowi juga memastikan pemerintah bakal memberikan bonus bagi para atlet yang berhasil meraih medali di Olimpiade Paris 2024. Menurut Jokowi, ketentuan pemberian bonus bagi atlet berprestasi masih dalam proses pembahasan.

"Nanti dibicarakan. Yang jelas pasti ada bonus," tambahnya.

Sebagai perbandingan, saat Olimpiade Tokyo tahun 2020 lalu, pemerintah memberikan bonus Rp5,5 miliar untuk peraih medali emas, Rp2,5 miliar untuk peraih perak, dan Rp1,5 miliar untuk peraih perunggu. Sedangkan bagi para atlet yang tidak berhasil meriah medali, ketika itu pemerintah juga memberikan uang Rp100 juta.

Indonesia menyabet dua medali emas dari cabang olahraga angkat besi dan panjat tebing. Medali emas pertama bagi tim Merah Putih dipersembahkan Veddriq Leonardo dari panjat tebing di nomor speed putra. Selain itu, emas kedua diraih Lifter Rizki Juniansyah dini hari tadi, yang sekaligus jadi atlet angkat besi pertama Indonesia yang meraih emas olimpiade.

Sebelumnya, medali perunggu juga diraih pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Indonesia masih berkesempatan menambah medali dari cabor Angkat Besi kategori Putri. Harapan Indonesia bertumpu pada atlet angkat besi putri, Nurul Akmal, yang dijadwalkan bakal tampil pada Minggu 11 Agustus 2024.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!