NASIONAL

Jokowi Akan Bertemu Presiden Xi Jinping di China, Bahas Isu Prioritas

Jokowi juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang

AUTHOR / Heru Haetami

Jokowi Akan Bertemu Presiden Xi Jinping di China, Bahas Isu Prioritas
Presiden Jokowi bertemu Presiden Cina Xi Jinping di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis (27/03/23). (BPMI Setpres)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo bakal melakukan kunjungan kerja ke Republik Rakyat Cina (RRT) dan Arab Saudi. Jokowi mengatakan, saat di Tiongkok akan melakukan kunjungan bilateral dan bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Kepala negara juga akan hadir di Belt and Road Forum for International Cooperation yang ke-3.

"Sejumlah isu prioritas yang akan kita bahas dengan RRT, antara lain, peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi, dan pembangunan ketahanan pangan," kata Jokowi dalam keterangan pers di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (16/10/2023).

Selain pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping, Jokowi juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang dan Ketua Parlemen RRT Zhao Leji.

Baca juga:

Pada tanggal 18 Oktober, Presiden akan melanjutkan perjalanan ke Riyadh, Kerajaan Arab Saudi. Di sana, Jokowi akan melakukan kunjungan resmi bersama Putra Mahkota Perdana Menteri Arab Saudi dan memimpin KTT pertama ASEAN Gulf Cooperation Countries (GCC).

"Sejumlah kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi akan saya bahas, antara lain, peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi, penjaminan produk halal, energi, dan pembentukan dewan koordinasi tertinggi," katanya.

Jokowi bersama rombongan akan kembali ke tanah air pada 21 Oktober 2023.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!