NASIONAL

Jokowi dan Xi Jinping Sepakati Sejumlah Perjanjian Kerja Sama

"Pertemuan bilateral utamanya membahas penguatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan, selalu mempertimbangkan pemakaian tenaga lokal, dan friendly terhadap lingkungan,"

AUTHOR / Astri Septiani, Sindu

Presiden Jokowi bertemu  Presiden Cina Xi Jinping
Presiden Jokowi bertemu Presiden Cina Xi Jinping di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis (27/03/23). (BPMI Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping membahas sejumlah kerja sama antarkedua negara, saat dua kepala negara bertemu di Chengdu, Tiongkok, Kamis (27/07/23). Antara lain kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan hingga riset dan teknologi. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan pertemuan keduanya membahas kemitraan strategis.

"Dan kunjungan ini bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia-RRT. Rekan-rekan, pertemuan bilateral utamanya membahas penguatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan, selalu mempertimbangkan pemakaian tenaga lokal, dan friendly terhadap lingkungan," terang Retno Marsudi dalam keterangan pers usai mendampingi pertemuan kedua kepala negara di Chengdu, Cina, Kamis (27/07/23).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, usai pertemuan kedua pemimpin menyaksikan penandatanganan sejumlah dokumen kerja sama yang disepakati kedua negara. Sejumlah dokumen kerja sama yang disepakati oleh kedua negara yakni Protokol tentang Persyaratan Pemeriksaan dan karantina untuk Ekspor Serbuk Konjac dari Indonesia ke Tiongkok, Protokol tentang Persyaratan Phytosanitary untuk Ekspor Tabasheer dari Indonesia ke Tiongkok, Rencana Aksi Kerja Sama Bidang Kesehatan, Nota Kesepahaman tentang Pusat Penelitian dan Pengembangan Bersama, Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Perencanaan Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman terkait Pemindahan Ibu Kota Baru Indonesia, dan Nota Kesepahaman tentang Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Tiongkok “Two Countries, Twin Parks”.

Selain itu, terdapat juga dua dokumen kerja sama yang ditandatangani secara sirkuler yakni Nota Kesepahaman tentang Pendidikan Bahasa Tiongkok dan Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Ekonomi dan Teknis.

Untuk proyek pembangunan IKN, Presiden berharap agar Tiongkok dapat terus menjadi mitra strategis.

“Semoga kerja sama Otoritas IKN dengan Pemerintah Kota Shenzen dapat berkontribusi bagi perencanaan dan pengembangan IKN,” harap Presiden Jokowi.

Terkait kerja sama dalam bidang kesehatan, Presiden Jokowi menyambut baik finalisasi rencana aksi implementasi kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Tiongkok.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping juga membahas beberapa isu kawasan meliputi kerja sama ASEAN-RRT hingga dukungan RRT terhadap sentralitas ASEAN untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera.

“Indo-Pasifik adalah kawasan strategis yang harus kita jaga sebagai kawasan damai dan stabil,” ucap Presiden.

Baca juga:

- Indonesia dan Australia Teken MoU Terkait Mineral Penting

- Jokowi: Indonesia Terbuka untuk Kerja Sama Hilirisasi dengan PNG

Hari Kedua

Melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Kota Chengdu, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Jumat, 28 Juli 2023, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo akan melaksanakan serangkaian kegiatan mulai dari pembukaan FISU World University Games hingga sejumlah pertemuan dengan pengusaha Tiongkok.
Mengawali kegiatannya di pagi hari, Presiden Jokowi diagendakan akan bertemu dengan sejumlah pengusaha Tiongkok yang akan digelar di Hotel Shangri-La Chengdu.

Sementara itu, Ibu Iriana diagendakan untuk mengunjungi tempat pembiakan panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding.

Pada siang harinya, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk menghadiri jamuan santap siang oleh Presiden Xi Jinping dan Madam Peng Liyuan yang juga akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara lainnya.

Usai menghadiri jamuan santap siang, Kepala Negara dijadwalkan bertemu dengan atlet Indonesia yang akan bertanding dalam gelaran FISU World University Games untuk memberikan semangat kepada mereka. 

Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menuju Dong’an Lake Sport Stadium untuk menghadiri upacara pembukaan FISU World University Games sebelum bertolak kembali menuju Jakarta.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!