NASIONAL

Jokowi Akan Bahas Isu Palestina di KTT ASEAN-Australia

Presiden Jokowi bersama delegasi terbatas berangkat ke Melbourne, Australia, untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-Australia pada 4-6 Maret 2024.

AUTHOR / Astri Septiani

Jokowi Akan Bahas Isu Palestina di KTT ASEAN-Australia
Presiden Joko Widodo (tengah) saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2-24). (KBR/Astri Septiani)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo bersama delegasi terbatas berangkat ke Melbourne, Australia, untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-Australia pada 4-6 Maret 2024. Jokowi mengatakan akan menggunakan momentum KTT tersebut untuk mendorong sejumlah hal mulai dari kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, transformasi digital, hingga membahas isu Palestina.

"Serta pemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten termasuk dalam isu Palestina. Selain menghadiri KTT-ASEAN Australia, saya juga berencana untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Perdana Menteri Selandia Baru, dan Kamboja," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (4/3/2024).

Baca juga:

Jokowi menjelaskan, KTT ASEAN-Australia diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia. Tema yang diangkat pada KTT tersebut adalah "Partnership for The Future".

"Membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan makmur," kata Jokowi.

Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan kembali ke Jakarta pada Rabu, 6 Maret 2024.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!