NASIONAL

Istana Siapkan Pelaksanaan Peringatan HUT ke-79 RI di IKN

Heru juga meminta BPIP segera menyiapkan Paskibraka lebih cepat

AUTHOR / Heru Haetami

kirab
Kirab Bendera Merah Putih sepanjang 4.000 meter dan 1.500 tiang bendera digelar di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (19/8/2023). ANTARA FOTO/Adeng B.)

KBR, Jakarta- Istana mulai persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono meminta setiap pihak yang terlibat dalam perayaan perdana HUT RI di IKN melakukan persiapan dengan memerhatikan kondisi setempat.

“Saya minta perbidang, ada bidang komunikasi, bidang upacara, bidang sarana prasarana, infrastruktur untuk segera mereka bidang-bidang itu merapatkan—membahas sesuai dengan bidangnya, dan tentunya membahas terkini yang disesuaikan dengan kondisi IKN pada saat nanti bulan Agustus,” kata Heru usai rapat pelaksanaan HUT RI di IKN perdana, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan akan mengundang masyarakat secara luring dan daring (hybrid).

“Kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan, kesiapannya, jumlahnya berapa tadi dihitung-hitung kurang lebih 2.000 kiri-kanan, dan juga kombinasi hybrid kan, hybrid juga kita bisa undang seperti saat kita merayakan HUT pada tahun 2020 dan 2021—hybrid,” imbuhnya.

Baca juga:

Heru juga meminta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) segera menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lebih cepat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Heru meminta proses latihan pasukan dimulai segera.

“Paskibra yang biasanya itu baru terbentuk itu sekitar bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi, termasuk pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI kalau bisa mulai Maret sudah ada, sehingga latihannya sudah sedini mungkin. Yang pertama mungkin latihannya ada di Jakarta dibuat simulasi mirip seperti di IKN, dan lanjut nanti persiapan-persiapannya di bulan Juni, Juli, dan Agustus,” katanya.

Heru memastikan, seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan peringatan HUT RI di IKN diberikan fasilitas akomodasi yang cukup.

“Yang ketiga adalah termasuk membahas terkait dengan kesiapan akomodasi—hotel dan lain-lain, termasuk rute siapa yang menginap di Balikpapan, siapa yang menginap di Samarinda, pick up-nya bagaimana lantas nanti menggunakan kendaraan listrik titiknya dimana itu kita bahas dan pendetailan hari ini dan seterusnya masing-masing tadi,” pungkasnya.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!