NASIONAL

Indonesia Pasok Listrik di Perbatasan Papua Nugini

"listrik sudah menyala di Wutung,"

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Muthia Kusuma

listrik
Ilustrasi pekerja melakukan penambahan jaringan listrik PLN di Jawa Tengah (FOTO: ANTARA/Anis)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengungkap pemerintah resmi memasok listrik di wilayah perbatasan RI-Papua Nugini. Jokowi mengatakan, aliran listrik itu bisa dimanfaatkan masyarakat mulai hari ini. Hal itu diungkapkan Jokowi usai pertemuan dengan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape. 

"Terkait pembangunan jaringan listrik oleh PLN di perbatasan Skouw-Wutung dapat saya sampaikan bahwa pekerjaan sama ini dimulai hari ini dan listrik sudah menyala di Wutung pada hari ini," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (15/07/24).

Presiden Jokowi juga memastikan Indonesia akan mendukung pembangunan Papua Nugini dan negara pasifik lainnya. Kata dia, berbagai program hibah juga terus berjalan, seperti renovasi rumah sakit di Port Moresby.

Baca juga

Di sisi lain, Marape juga mengapresiasi kebijakan pemerintah RI yang mengalirkan listrik ke wilayah Wutung, Papua Nugini. Ia berharap ke depannya, listrik dari Jayapura dapat dimanfaatkan untuk banyak potensi hidro dan potensi panas bumi.

"Kita juga dapat menghasilkan energi yang lebih ramah lingkungan untuk diekspor kembali ke Indonesia, agar dunia usaha di Indonesia dapat memanfaatkan energi yang dihasilkan dari sumber yang lebih ramah lingkungan," kata Marape.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!