NASIONAL

Harga Cabai Merah 54 Ribu per Kilogram

Kenaikan harga sudah terjadi secara bertahap sejak awal Januari 2024.

AUTHOR / Shafira Aurel

Harga Cabai Merah 54 Ribu per Kilogram
Ilustrasi: Pedagang menakar cabai rawit di Pasar Barito, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (23/12/2023). (Foto: ANTARA/Andri Saputra)

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga cabai merah pada minggu kedua Februari mencapai 1,11 persen.

Direktur Statistik Harga BPS, Windhiarso Putranto mengatakan, secara nasional harga cabai merah saat ini Rp54 ribu per kilogram. Kenaikan harga sudah terjadi secara bertahap sejak awal Januari 2024.

"Sampai dengan minggu kedua Februari 2024 ini, secara rata-rata nasional harga cabai merah menyentuh harga 54.039 rupiah. dan jumlah kabupaten kota yang mengalami kenaikan harga cabai merah sampai dengan minggu kedua dibandingkan rata-rata harga di Januari sebesar 203 kabupaten/kota," ujar Windhiarso dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah 2024, Senin, (12/2/2024).

Direktur Statistik Harga BPS, Windhiarso Putranto menambahkan, harga cabai merah diprediksi akan terus merangkak naik menjelang Ramadan.

BPS mendorong pemerintah mengambil langkah antisipasi yang tepat untuk mengendalikan harga cabai merah. Sebab, jika tidak maka diprediksi cabai akan menjadi komoditas terbesar penyumbang inflasi selain beras.

Dalam pantauan KBR di harga pangan di situs bi.go.id, harga cabai merah besar rata-rata Rp67.400 per kilogram, naik 3,3 persen atau 2.150. Sedangkan untuk cabai merah keriting, harganya Rp56.350 per kilogram, naik 3,02 persen atau 1.650.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!