NASIONAL

Gempa Turkiye-Suriah, Jokowi Lepas Bantuan 140 Ton

"Kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turkiye dan Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan"

AUTHOR / Heru Haetami

Gempa Turkiye
Presiden Jokowi melepas bantuan korban gempa Turkiye dan Suriah di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jaktim, Selasa (21/02/23). (Antara/Sigid Kurniawan).

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo mengirimkan bantuan 140 ton bahan makanan dan logistik untuk korban gempa Turkiye dan Suriah. Bantuan kemanusiaan tahap ketiga ini dilakukan menggunakan 4 pesawat melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, hari ini.

"Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia. Pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turkiye dan Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang diperlukan di sana," kata Jokowi Selasa, (21/3/2023).

Presiden menjelaskan, sebelumnya pemerintah Indonesia juga telah kita mengirimkan tim search and rescue (SAR) dan tim medis serta rumah sakit lapangan untuk membantu korban gempa bumi di kedua negara. Selain itu, telah dikirimkan pula pesawat Hercules yang bermanfaat membantu evakuasi korban gempa bumi di Turkiye dan Suriah. 

"Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana," tambah Jokowi.

Baca juga:

Gempa bermagnitudo 7,8 mengguncang sejumlah wilayah di negara Turkiye dan Suriah pada Senin, 6 Januari 2023. Gempa mengakibatkan lebih 30 ribu korban jiwa. 

Tercatat ada empat WNI yang meninggal dalam musibah tersebut.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!