NASIONAL

DPR RI Janji Tetap Bekerja Efektif Saat Masa Kampanye Pemilu

"DPR RI akan tetap berkomitmen untuk menjalankan tugas-tugas konstitusional secara efektif,"

AUTHOR / Astri Septiani

DPR
Ilustrasi penyelenggaraan rapat paripurna DPR RI di Jakarta Selatan, Selasa, (13/6/2023) (FOTO: Rivan Awal Lingga)

KBR, Jakarta- Ketua DPR RI, Puan Maharani berjanji lembaganya tetap akan bekerja efektif, meski telah memasuki masa kampanye Pemilihan Umum 2024. Hal itu ditegaskan Puan, saat membuka masa persidangan ketiga tahun 2023-2024, pada rapat paripurna, hari ini. Dalam pidatonya, Puan juga menekankan komitmen tinggi DPR mewujudkan Pemilu 2024 yang jujur dan adil.

"Pada masa persidangan III ini juga bertepatan dengan agenda pemilu 2024 yang memasuki tahapan yang semakin tinggi intensitas kerja partai politik dalam berkampanye. Walaupun demikian, anggota DPR RI akan tetap berkomitmen untuk menjalankan tugas-tugas konstitusional secara efektif khususnya dalam merespon hal-hal yang sangat mendesak dan strategis," kata Puan saat rapat paripurna (16/01/24).

Baca juga:

Ketua DPR RI, Puan Maharani menambahkan, khusus terkait pelaksanaan fungsi legislasi, DPR akan melanjutkan pembahasan 19 rancangan undang-undang yang saat ini dalam tahap pembicaraan tingkat satu. Dia memerinci, RUU itu terdiri dari tiga RUU usul DPR, lima RUU usul pemerintah, tiga RUU usul DPD dan delapan RUU kumulatif terbuka.

Selain itu kata dia, terdapat 34 RUU yang akan memasuki tahap pembicaraan tingkat 1 yang terdiri dari tiga RUU usul DPR, dua RUU usul pemerintah dan 29 RUU kumulatif terbuka.

Puan memastikan, DPR RI bersama pemerintah, dalam membentuk undang-undang selalu mencari titik temu yang mengutamakan kepentingan negara dan memerhatikan aspirasi publik.

"Saya atas nama pimpinan DPR RI mengumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa masa persidangan III tahun sidang 2023-2024 akan dimulai hari ini selasa 16 Januari 2024 sampai dengan tanggal 6 Februari 2024," pungkasnya.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!