NASIONAL

DPR Ganti Pimpinan Baleg di Akhir Periode

Jadi pimpinan yang baru ini untuk sementara magang.

AUTHOR / Heru Haetami

EDITOR / Wahyu Setiawan

DPR Ganti Pimpinan Baleg di Akhir Periode
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (tengah) usai melantik Ketua Baleg Wihadi Wiyanto (dua dari kanan). Foto: DPR/Geraldi/vel

KBR, Jakarta - Pimpinan DPR RI mencopot Ketua Badan Legislasi (Baleg) Supratman Andi Agtas. Supratman digantikan sesama anggota dari Fraksi Gerindra Wihadi Wiyanto.

Pelantikan pimpinan Baleg ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat pleno Baleg, Selasa (6/8/2024). Pergantian ketua Baleg dilakukan kurang dari dua bulan sebelum masa bakti DPR periode 2019-2024 berakhir.

"Saudara Wihadi Wiyanto A114 akan ditetapkan sebagai ketua badan legislasi menggantikan saudara Supratman Andi Agtas A128. Untuk itu kami selaku pimpinan rapat akan menanyakan kepada anggota badan legislasi. Apakah saudara Wihadi Wiyanto disetujui untuk ditetapkan sebagai Ketua Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia?" ujar Dasco.

"Setuju," jawab anggota.

Baca juga:

Sufmi Dasco beralasan menunjuk Wihadi untuk mempersiapkannya di posisi yang lebih strategis.

"Jadi pimpinan yang baru ini untuk sementara magang. Untuk kemudian mempelajari situasi sampai dengan dua bulan. Kalau sukses akan ditaruh di tempat yang lebih bagus," katanya.

Atas perubahan tersebut, susunan pimpinan Baleg DPR menjadi sebagai berikut:

  • Wihadi Wiyanto sebagai ketua dari Fraksi Partai Gerindra
  • Ihsan Sulistyo sebagai wakil ketua dari Fraksi PDIP
  • Willy Aditya sebagai wakil ketua dari Fraksi Partai Nasdem
  • Abdul Wahid sebagai wakil ketua dari Fraksi PKB
  • Ahmad Baidowi sebagai wakil ketua dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!