NASIONAL

Covid-19, Jokowi: Sudah Diputuskan Masuk Endemi

"Kita kemarin rapat dan sudah kita putuskan untuk masuk ke endemi."

AUTHOR / Heru Haetami

Transisi di Masa Endemi COVID-19, dan yang Harus Diwaspadai
Ilustrasi: Petugas mengumpulkan limbah masker untuk dimusnahkan di Pusat Daur Ulang (PDU) Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/1/2022). (Foto ANTARA/Rizal Hanafi)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo memutuskan Indonesia telah masuk ke masa endemi. Jokowi mengatakan pengumuman resmi ihwal status endemi akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kita kemarin rapat dan sudah kita putuskan untuk masuk ke endemi. Tetapi kapan diumumkan, ini baru dimatangkan dalam seminggu dua minggu ini," kata Jokowi dalam keterang pers usai Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah, Rabu (14/6/2023).

Presiden Jokowi memastikan bakal mengumumkan status endemi tersebut bulan ini.

 Baca juga:

Jokowi memaparkan, indikator peralihan status pandemi ke endemi itu di antaranya jumlah kasus aktif dan capaian vaksinasi.

"Ini nanti yang akan didetilkan jumlah kasus misalnya kayak dua hari yang lalu hanya 117, kemudian kasus aktif 200 an, vaksinasi kita juga sudah di atas 450 juta dosis dan lain-lainnya," katanya.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!