NASIONAL

BNPB Catat 24 Bencana Pada Pekan Pertama 2024

"Konsentrasi kejadian bencana ada di Jawa,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

Bencana longsor di Subang, Jabar
Bencana longsor di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Subang, Jabar, Senin (08/01/24). (Antara/Novrian Arbi)

KBR, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 24 kejadian bencana dalam sepekan pertama tahun 2024. Juru Bicara BNPB Abdul Muhari mengatakan, kejadian bencana didominasi banjir dan cuaca ekstrem, selain itu ada juga tanah longsor dan gempa. 

Abdul menyebut, bencana di pekan pertama Januari 2024 ini melanda 15 provinsi di 29 kabupaten/kota.

"Memang konsentrasi kejadian bencana ada di Jawa, tetapi di sini masih kita masukkan sebenarnya ada beberapa kejadian di Sumatra dan Kalimantan yang tidak terjadi di minggu ini, jadi pelaporannya itu tidak minggu ini tapi sudah dari minggu yang lalu, tetapi kejadian itu masih berlangsung hingga saat ini. Misalkan di Kerinci itu sudah hampir 3,5 minggu, masyarakat terkena banjir. Kemudian beberapa tempat di Riau dan juga di Sumatera Utara," kata Abdul dalam Disaster Briefing BNPB, Senin (8/1/2024).


Baca juga:

Juru Bicara BNPB Abdul Muhari menambahkan, dampak bencana-bencana yang terjadi ini menyebabkan lebih dari 58 ribu orang mengungsi, dan 49 ribu rumah terendam, serta 454 rumah rusak. 

Selain itu, kata Abdul, ada dua fasilitas pendidikan yang rusak dan empat fasilitas peribadatan yang rusak.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!