NASIONAL

Bawang Putih Penyumbang Inflasi Sepanjang Tahun Ini

"Harga bawang putih kini menembus Rp43 ribu per kilogram. "

AUTHOR / Wahyu Setiawan, Shafira Aurel

Bawang Putih Penyumbang Inflasi Sepanjang Tahun Ini
Ilustrasi: Pedagang bawang putih dan merah menunggu penjual di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (9/3/2023). (Foto: ANTARA/Abriawan)

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut bawang putih menjadi komoditas yang terus menyumbang inflasi sepanjang tahun ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPS Amalia Adininggar Widyastuti mengatakan, bawang putih harus menjadi perhatian karena harganya konsisten naik sejak awal tahun.

Data itu disampaikan Amalia dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2023, yang digelar daring dan luring di kantor Kemendagri, Jakarta, Senin, 21 Agustus 2023.

"Bawang putih terus menyumbang andil inflasi sepanjang tahun 2023. Itu bagaimana inflasi bawang putih month-to-month yang terus naik dari bulan ke bulan sepanjang tahun 2023 dengan andil kumulatif sebesar 0,09 persen year to date," kata Amalia, Senin (21/8/2023).

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyastuti menyebut, ada 85 kota/kabupaten yang mengalami inflasi bawang putih. 

Dari jumlah itu, 35 di antaranya mengalami inflasi melebihi rata-rata nasional. Menurut catatan BPS, harga bawang putih kini menembus Rp43 ribu per kilogram.

Ketergantungan Impor?

Sebelumnya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) meminta pemerintah memberantas mafia impor bawang putih, akibat harga komoditas tersebut yang merangkak naik.

Sebab, menurut Ketua bidang Penguatan Usaha dan Investasi IKAPPI Ahmad Choirul Furqon, prosedur impor yang berbelit menyebabkan munculnya para mafia.

Selain itu, kenaikan juga disebabkan ketergantungan impor yang tinggi. Ia berharap, kenaikan harga bawang putih harus menjadi perhatian dan segera diatasi.

"Solusi yang kita tawarkan yaitu hapus, hilangkan mafia-mafia impor bawang putih. Karena kita semua tahu bahwa untuk melakukan impor bawang putih, mereka-mereka para importir itu memiliki kewajiban melakukan tanam bawang putih di Indonesia atau di dalam negeri. Namun, faktanya mengatakan bahwa kewajiban tersebut itu tidak dipenuhi secara fakta. Kewajiban-kewajiban tersebut hanya angin-angin semata," ujar Furqon saat dihubungi KBR, Rabu, (16/8/2023).

Ketua bidang Penguatan Usaha dan Investasi IKAPPI Ahmad Choirul Furqon mendorong pemerintah serius mengatasi tingginya kenaikan harga bawang putih.

Ia juga meminta Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian bekerja sama memperketat pemberian izin impor bawang putih.

Sebelumnya, Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyebut komoditas pangan seperti cabai, bawang putih, hingga minyak goreng mengalami kenaikan harga. Harga bawang putih termahal yakni Rp70.000 per kilogram terdapat di Kabupaten Waropen, Papua.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Bawang Putih
  • Inflasi
  • BPS
  • Harga Bawang Putih

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!