NASIONAL

Atasi Polusi Jakarta, Heru Budi Akan Modifikasi Cuaca

Ya semuanya kita menata di situ, ya supaya udara Jakarta bersih.

AUTHOR / Hoirunnisa

EDITOR / Wahyu Setiawan

uji emisi, polusi udara
Suasana Kota Jakarta yang tertutup asap putih dilihat dari pesawat di Jakarta, Jumat (21/6/2024). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

KBR, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuat modifikasi cuaca untuk mengatasi buruknya kualitas udara di ibu kota. Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bakal menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Ya semuanya kami menata di situ, ya supaya udara Jakarta bersih. Ya betul, jadi BPBD saya minta untuk bisa melakukan beberapa rekayasa cuaca, supaya bisa menekan masalah situasi kondisi di Jakarta," ujar Budi di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Heru Budi berdalih polusi udara tidak hanya terjadi di Jakarta, namun juga di kota-kota lain di dunia. Dia berjanji akan mencari solusi untuk memperbaiki kualitas udara di ibu kota.

Dikutip dari ANTARA, berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir, indeks kualitas udara di Jakarta pada Jumat pagi berada pada angka 156 atau masuk ke dalam kategori tidak sehat. Sementara konsentrasi partikel (PM2.5) di angka 63 mikrongram per meter kubik (µg/m³).

Angka itu menempatkan Jakarta di posisi kedua sebagai kota dengan udara terburuk di dunia setelah Kinhasa di Kongo.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!