NASIONAL

Anggaran Pemilu 2024 Baru Cair Setengah, KPU Janji akan Optimalkan

""KPU memahami kondisi keuangan negara yang sedang membutuhkan di proyek strategis nasional lainnya""

Astri Yuanasari

Pemilu 2024
Pemilu 2024, suasana pendaftaran Partai Gerindra dan PKB di depan Gedung KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). (Antara/Indrianto Eko)

KBR, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengoptimalkan anggaran Pemilu 2024 pada tahun ini yang telah dialokasikan, meski jumlahnya masih jauh dari usulan. Kata Anggota  KPU Yulianto Sudrajat mengatakan, alokasi anggaran yang didapatkan untuk tahun ini hanya sebesar Rp3,69 triliun dari total usulan Rp8,06 triliun.

"KPU memahami kondisi keuangan negara yang sedang membutuhkan di proyek strategis nasional lainnya sehingga KPU akan mengoptimalkan anggaran pemilu 2024 pada tahun 2022 yang telah dialokasikan walau belum maksimal sesuai usulan kebutuhan KPU," kata Yulianto kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Yulianto juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah menyetujui kenaikan honor badan ad hoc penyelenggara Pemilu 2024.

Baca juga:


Ia menjelaskan, kebutuhan anggaran KPU untuk tahun 2022 sebesar Rp8,06 triliun dalam DIPA KPU 2022. Dari kebutuhan ini telah teralokasi anggaran sebesar Rp2,45 triliun, sehingga KPU mengalami kekurangan anggaran Rp5,6 triliun.

Yulianto melanjutkan, dari kekurangan tersebut, kemudian disetujui penambahan anggaran hanya sebesar Rp1,24 triliun, sehingga total anggaran KPU tahun 2022 adalah Rp3,69 triliun.


Editor: Rony Sitanggang

  • anggaran pemilu
  • KPU
  • Yulianto Sudrajat
  • #kabar pemilu KBR
  • #kabarpemilu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!