NASIONAL

Alasan Erick Belum Tandatangani Detail Operasional Liga

"Erick menambahkan, dirinya tak ingin Liga Indonesia hanya bagus di tingkat klub sementara tim nasionalnya terpuruk."

AUTHOR / Resky Novianto

Liga
Saat dimulainya Liga 1 musim 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan belum menandatangani detail operasional untuk liga di musim 2023/2024. Alasannya, menurut Erick, karena ada tiga poin penting yang mesti dipenuhi sebelum ditandatanganinya operasional Liga Indonesia. Salah satu poinnya adalah agar terpenuhi di klub Liga 1 wajib ada pemain U-23, dan di klub Liga 2 wajib ada pemain U-21.

"Jangan sampai ada pemain asing tetapi nanti pemain Indonesianya masa depannya tidak bermain, dan juga di Liga 2 ada U-21 kita lakukan itu. Yang kedua, tentu bagaimana para pelatih yang ada di Liga 1 dan Liga 2 harus menandatangani komitmen ketika ada pemanggilan Tim Nasional sesuai dengan kesepakatan antara PSSI dan liga mereka wajib merilis," kata Erick di Mabes Polri, Senin (26/6/2023).

Erick menambahkan, dirinya tak ingin Liga Indonesia hanya bagus di tingkat klub sementara tim nasionalnya terpuruk.

Baca juga:

- Liga 1 Harus Profesional, Jangan Cuma di Awal

- Kisruh Penghentian Liga 2 dan Liga 3 Musim 2022/2023

Sedangkan di poin ketiga, Erick meminta agar sistem keselamatan dan keamanan harus menjadi standarisasi yang tinggi bagi klub dan liga. Sebelumnya, PSSI sudah merilis jadwal Liga 1 musim 2023/2024 yakni mulai 1 Juli 2023 hingga 31 Mei 2024.

Editor: Fadli

  • Erick Thohir
  • PSSI
  • Liga 1 Indonesia
  • Liga 2

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!