NASIONAL

Ada Bibit Siklon Tropis, Sejumlah Daerah Berpotensi Hujan Lebat

Sejumlah daerah berpotensi terjadi hujan lebat.

AUTHOR / Astri Yuanasari

banjir
Prakirawan BMKG memperlihatkan peta gelombang laut di Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (15/1/2024). ANTARA FOTO/Jessica Wuysang

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan lebat hingga cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, kondisi ini dipengaruhi munculnya tiga bibit siklon tropis: 91S, 94S, dan 93P.

Ketiga bibit siklon tropis itu terpantau berada di bagian Selatan Indonesia yakni 91S di Samudera Hindia Selatan Jawa, 94S di Laut Timor, dan 93P di Laut Australia.

"Bibit siklon tropis 91S memiliki kecepatan angin maksimum 30 hingga 35 knot atau 56 hingga 68 km per jam. Tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hidropascal, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi siklon tropis pada kategori sedang hingga tinggi dalam 24 jam ke depan," kata Dwikorita dalam konferensi pers BMKG, Kamis (14/3/2024).

Dwikorita menjelaskan bibit siklon tropis 94S dan 93P memiliki peluang untuk menjadi siklon tropis pada kategori rendah.

Sejumlah wilayah yang masuk kategori siaga bencana hidrometeorologi cukup tinggi adalah Banten, Kalimantan ,dan Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan untuk kategori waspada ada di wilayah Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!