NASIONAL

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Basah Masih Mengintai di 2024

Bencana 2023 berdampak pada 267 korban meninggal dunia

AUTHOR / Hoirunnisa

banjir
Tim SAR mengevakuasi ibu dan bayi melewati genangan banjir di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (12/1/2024). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi bencana hidrometeorologi basah masih mengintai di 2024. Kepala BNPB Suharyanto mengatakan, banjir hingga tanah longsor menjadi bencana yang terjadi di awal tahun.

"Bulan pertama ini, kita sudah sampaikan bahwa yang akan terjadi banjir, tanah longsor Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh. Ternyata terbukti, Jawa Barat ni beberapa titik, Subang tanah longsor, Kabupaten Bandung, hari ini Dayeuhkolot banjir. Itukan memang bisa diprediksi. Begitu musim hujan turun, pasti daerah-daerah itulah yang mengakibatkan banjir. Kemudian Bulan Februari, Maret, data-data ini kita berikan kepada pemerintah daerah supaya pemda menyiapkan dirinya," ujar Suharyanto dalam konferensi pers, Jumat (12/1/2024).

Suharyanto mengatakan dampak fenomena iklim El Nino diprediksi tak terlalu parah dirasakan di tahun ini. Sehingga kekeringan panjang diperkiraka tidak terjadi.

Meski begitu, antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tetap dilakukan. Utamanya di sejumlah daerah seperti di Papua Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Maluku, dan Kalimantan Timur.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!