NASIONAL

5 Kabupaten/Kota Raih Anugerah Adipura Kencana

"Tercatat lima kabupaten/kota yaitu kota Balikpapan, kota Surabaya, kota Bontang, kota Bitung, dan Kabupaten Ciamis,”

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Anugerah Adipura 2023
Wapres Ma’ruf Amin saat arahan pada penghargaan Adipura 2023 di Jakarta, Selasa (05/03/24). (Antara/Hafidz Mubarak)

KBR, Jakarta- Sebanyak  lima kabupaten/kota   meraih Anugerah Adipura Kencana 2023, penghargaan tertinggi di bidang pengelolaan lingkungan hidup. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar menyebut kabupaten/kota penerima penghargaan itu di antaranya Balikpapan dan Surabaya.

“Kabupaten/kota yang meraih Anugerah Adipura Kencana sebagai penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan pada periode ini tercatat lima kabupaten/kota yaitu kota Balikpapan, kota Surabaya, kota Bontang, kota Bitung, dan Kabupaten Ciamis,” ucap Siti dalam acara “Penghargaan Piala Adipura 2023” dipantau via kanal Youtube Kementerian LHK, Selasa (5/3/2024).

Penghargaan diberikan setelah  penilaian dilakukan oleh Dewan Pertimbangan Adipura yang dipimpin Ginanjar Kartasasmita dan beranggotakan tokoh masyarakat, tokoh lingkungan, pakar persampahan, pakar perkotaan, jurnalis, dan aktivis LSM serta dibantu tim teknis dari KLHK.

“Daerah yang berhak mendapat insentif berupa penghargaan Adipura ditentukan dengan hasil penilaian komprehensif dari data capaian kinerja pengelolaan sampah, Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), hasil pemantauan visi kota, dan penilaian kinerja di bidang pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, penilaian kondisi operasional dari TPA serta melihat inovasi daerah dalam mewujudkan kota yang bersih, teduh dan berkelanjutan,” tuturnya.

Baca juga:

Selain Adipura Kencana, KLHK juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota. Penghargaan diberikan untuk   kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada 2023.

Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar menjelaskan,  Adipura 2023 mengalami kemajuan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Kata dia,   terjadi peningkatan jumlah daerah yang menerima Anugerah Adipura sebesar 32,5 persen.

"Dari 80 kabupaten/kota tahun lalu menjadi 106 kabupaten/kota tahun ini. Selain itu, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada Adipura tahun 2023 sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah dibanding tahun sebelumnya," kata Siti.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!