NUSANTARA

4 Provinsi ini Belum Dapat Bantuan Pangan

"Masih terdapat 4 provinsi yang penyaluran bantuan pangannya masih 0 persen untuk bulan Desember."

AUTHOR / Astri Yuanasari

Beras Bulog
Ilustrasi: Beras Bulog di bazar murah di Dungingi, Kota Gorontalo, Sabtu (09/12/23). (Antara/Adiwinata Solihin)

KBR, Jakarta- Badan Pangan Nasional (Bapanas) meminta Perum Bulog untuk mempercepat penyaluran bantuan beras untuk bulan Desember tahun ini. Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas Andriko Noto Susanto mengatakan, dari catatan Bapanas, realisasi bantuan pangan beras untuk periode Desember 2023 di sejumlah provinsi masih nol persen.

"Jadi yang perlu mendapat perhatian adalah masih terdapat 4 provinsi yang penyaluran bantuan pangannya masih 0  persen untuk bulan Desember. Di antaranya Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Barat. Ini mohon kawan-kawan dari Bulog untuk segera merealisasikan bantuan pangan di empat provinsi tersebut," kata Andriko dalam Rakor Pengendalian Inflasi, Senin (18/12/2023).

Andriko menjelaskan, hingga 15 Desember 2023, realisasi bantuan pangan beras tahap I sudah mencapai 100 persen, atau sejumlah 21.353.000 keluarga penerima manfaat (KPM). Sedangkan realisasi bantuan pangan beras tahap II masih sebesar 92,23 persen, atau 21.237.377 KPM.

Baca juga:

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas Andriko Noto Susanto memastikan program bagi-bagi beras tahap II ini bakal rampung akhir tahun ini, dan diharapkan program ini dapat menekan harga beras di masyarakat.

"Dan akan selesai pada bulan Desember 2023," imbuhnya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!