NASIONAL

246 Bencana Melanda Jawa Tengah Sepanjang 2024

Sebanyak 2.521 rumah rusak di sejumlah wilayah Jawa Tengah dengan kerugian mencapai Rp15 miliar.

AUTHOR / Anindya Putri

EDITOR / Wahyu Setiawan

siklus cuaca
Warga melintasi banjir yang merendam di sekitar permukiman rumahnya di kawasan Jalan Trimulyo, Semarang, Minggu (17/3/2024). ANTARA FOTO/Makna Zaezar

KBR, Semarang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah menyebut 246 kejadian bencana terjadi di wilayahnya selama Januari hingga September 2024.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Jateng Muhhamad Chomsul mengatakan ratusan bencana itu didominasi banjir.

"Sampai dengan Bulan September jumlah kejadian bencana di Jawa Tengah mencapai 246 bencana. Terdiri dari kejadian bencana banjir 61, tanah longsor 22, cuaca ekstrem 48, kekeringan 29, di kabupaten kota ada kebakaran gedung dan pemukiman dan gempa bumi," ungkap Chomsul kepada KBR di Semarang, Jumat (13/9/2024).

Chomsul mengatakan, imbas ratusan bencana tersebut, sebanyak 2.521 rumah rusak di sejumlah wilayah Jawa Tengah dengan kerugian mencapai Rp15 miliar.

Bencana itu juga berdampak terhadap 2,9 juta orang.

"Data tersebut kami peroleh dari BPBD kabupaten/kota," ungkap Chomsul.

Chomsul mengimbau masyarakat lebih waspada menghadapi cuaca ekstrem.

"Tolong pantau terus info yang diberikan BMKG," imbuhnya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!