NASIONAL

22 Negara Dipastikan Hadiri KTT ASEAN 2023

“Dalam tiga hari, Presiden Jokowi akan melakukan 25 pertemuan selama KTT ke-43 ASEAN,” kata Menlu Retno Marsudi.

AUTHOR / Astri Septiani

KTT ASEAN
Presiden Joko Widodo didampingi Mensesneg Pratikno meninjau media center KTT ke-43 ASEAN 2023 di JCC Jakarta, Jumat (1/9/2023). (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)

KBR, Jakarta - Sebanyak 22 negara dipastikan akan mengirim perwakilan untuk hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara ASEAN ke-43 2023. KTT akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 5-7 September 2023.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan kehadiran 22 negara itu, usai usai mendampingi Presiden Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan venue KTT ASEAN di Jakarta Convention Center.

"22 negara itu terdiri dari 11 negara ASEAN karena Timor Leste sudah datang. Kemudian 9 negara mitra wicara kita. Republic of Korea (ROK), Jepang, India, RRC, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, Amerika Serikat. Kemudian ada dua negara yang merupakan undangan yaitu Bangladesh karena Bangladesh merupakan Ketua IORA, satunya lagi Cooks Island karena Cooks Island merupakan Ketua PIF, Pacific Island Forum," kata Retno, di Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Ada 11 negara ASEAN yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja dan Timor Leste.

Retno Marsudi menambahkan, organisasi mitra ASEAN yang juga dipastikan hadir adalah Sekjen PBB, Antonio Guterres.

Indonesia juga akan mengundang organisasi internasional seperti Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

Retno memastikan dalam KTT ASEAN yang digelar pada 5 sampai 7 September, bakal banyak membahas fokus terkait ekonomi isu-isu strategis lainnya.

Baca juga:


25 Pertemuan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan dalam pertemuan KTT ASEAN itu, Presiden Joko Widodo diagendakan melakukan 25 pertemuan.

“Dalam tiga hari, Presiden Jokowi akan melakukan 25 pertemuan selama KTT ke-43 ASEAN,” kata Retno Marsudi.

Rangkaian pertemuan itu terdiri dari 12 sidang KTT yang akan dipimpin langsung oleh Presiden. Selebihnya, Presiden akan melakukan 13 pertemuan bilateral dengan negara-negara yang menghadiri pertemuan tersebut.

Presiden Joko Widodo akan memimpin 12 KTT yaitu sesi pleno, pertemuan informal, KTT ASEAN-China, KTT ASEAN-Korea Selatan, dan KTT ASEAN-Jepang.

Selain itu KTT ASEAN-Amerika Serikat, KTT ASEAN-Kanada, KTT ASEAN-India, KTT ASEAN-Australia, KTT ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), KTT ASEAN Plus Tiga (China, Jepang, Korsel), serta KTT Asia Timur.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!