(CEKFAKTA) Ma'ruf Amin: Angka Pengangguran di Era Jokowi Terendah Sejak Reformasi

"Betul (terendah) kalau dilihat sejak reformasi. Tapi kalau dilihat year on year, tidak ada yang spesial dari klaim ini," tukas peneliti dari Lembaga Informasi Perburuhan Sedane.

RUANG PUBLIK , BERITA , NASIONAL

Minggu, 17 Mar 2019 22:10 WIB

Author

Adi Ahdiat

(CEKFAKTA) Ma'ruf Amin: Angka Pengangguran di Era Jokowi Terendah Sejak Reformasi

Ilustrasi para pencari kerja. (Foto: Antara/Arif Firmansyah)

Pernyataan: 

Dalam sesi debat soal ketenagakerjaan, Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, menyebut bahwa saat ini angka pengangguran mencapai tingkat terendah sejak era reformasi.

"...mari kita bersyukur bahwa tingkat pengangguran kita sekarang ini sudah berada sangat rendah, antara 5,30 - 5,13 (persen), terendah selama 20 tahun," ujar Ma'ruf Amin dalam Debat Cawapres di Hotel SUltan, Jakarta (17/2/2019).


Cek Fakta: Angka Pengangguran Memang Terendah, Tapi Tidak Spesial

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini angka pengangguran memang mencapai tingkat terendah sejak tahun 1999.

Fluktuasi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) selama periode 1999 sampai 2009 bergerak di rentang angka 6 - 11 persen, dengan angka pengangguran tertinggi tercatat pada Agustus 2005, yakni mencapai 11,24 persen.

Sedangkan di periode 2010 - 2019, fluktuasi TPT cenderung lebih sempit, yakni bergerak di rentang 7 - 5 persen.

Angka pengangguran di kisaran 5 persen sudah tercapai sejak tahun 2013, dan terus terjadi hingga beberapa tahun berikutnya.

Hanya saja, memang angka desimal terendahnya baru tercapai pada Februari 2018, yakni 5,13 persen.

Jadi, klaim Ma'ruf Amin soal angka pengangguran mencapai titik terendah dalam dua puluh tahun terakhir, sesuai dengan data BPS.

Komentar:

Alfian Al Ayubby, peneliti Lembaga Informasi Perburuhan Sedane menyebut klaim Maruf Amin itu belum bisa dibilang spesial.

"Betul (pengangguran terendah) kalau dilihat sejak reformasi. Tapi kalau dilihat year on year, tidak ada yang spesial dari klaim ini," ujar Alfian di kantor Google Indonesia, Jakarta (17/3/2019).

Alfian menyebut bahwa dalam sepuluh tahun terakhir, angka pengangguran Indonesia tidak pernah turun hingga di bawah 5 persen.

Pada Agustus 2018, angka pengangguran juga tercatat naik lagi dari 5,13 persen menjadi 5,34 persen. 

(Sumber: www.bps.go.id)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RUANG PUBLIK

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

What's Up Indonesia

Pertemuan Jokowi-Prabowo Pengaruhi Akar Rumput?