NASIONAL

Jokowi: Negara Berkembang Hadapi Dilema Transisi Hijau

"Keterjangkauan harga selalu problemnya di situ."

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Rony Sitanggang

Ekonomi Hijau
Presiden Jokowi membuka Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition IIGCE, Jakarta, Rabu (18/09/24). (Setpres)

KBR, Jakarta -  Presiden Indonesia Joko Widodo menyatakan Indonesia berkomitmen menjadi bagian penting dari langkah dunia dalam membangun ekonomi hijau, mengembangkan industri hijau, serta melakukan transisi ke energi hijau. Namun ia mengakui hampir semua di negara berkembang dihadapkan pada dilema dalam melakukan transisi hijau.

"Mengenai keterjangkauan harga selalu problemnya di situ. Kemudian keadilan akses bagi masyarakat, kemudian juga pemanfaatan teknologi yang tidak terbuka sehingga tidak optimal. Saya juga paham dunia usaha pasti memiliki hitung-hitungan sendiri, memiliki kalkulasi sendiri, memiliki pertimbangan-pertimbangan baik urusan turnover, masalah yang berkaitan dengan keuntungan dan yang lain-lainnya," kata Jokowi di acara Pembukaan Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) ke-10 Tahun 2024, Jakarta, Rabu (18/09/24).

Meski begitu ia mengingatkan masalah perubahan iklim merupakan masalah bersama seluruh isi dunia baik itu pemerintah, pengusaha, hingga rakyat di seluruh belahan bumi. 

Baca juga:

Presiden Jokowi berharap forum Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition ini bisa menghasilkan terobosan-terobosan besar, yang bisa menjadi titik tengah berbagi resiko dan berbagi beban. Selain itu juga untuk berbagi keuntungan dengan proporsi yang seimbang.

"Yang memungkinkan untuk segera diambil keputusan. Yang memungkinkan untuk segera dilakukan pengerjaan," tambahnya

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!