NASIONAL

Artis Maju Pilkada 2024, Cara Instan Raup Suara?

"Artis, akademisi, birokrasi, siapapun boleh masuk politik tapi berproses dulu melalui internal partai politik,"

AUTHOR / Shafira Aurel

EDITOR / Rony Sitanggang

Seleb maju Pilkada 2024
Bacalon Walkot Krisdayanti mendaftar di KPU Kota Batu, Jatim, Rabu (28/08/24). (Antara/Muhammad Mada)

KBR, Jakarta-  Pencalonan selebritas jadi salah satu cara instan  partai politik  menggaet suara masyarakat.  Pengajar Hukum Pemilu di Fakultas Hukum Universitas Indonesia Titi Anggraini mengingatkan   pentingnya mengutamakan kualitas dibandingkan popularitas.

Sebab ia menyebut sebagai kepala daerah penting memahami dan memiliki gagasan dalam menjawab berbagai masalah yang ada di daerah tersebut.

"Rekrutmen politik melalui pemilihan internal, serta penerapan syarat minimal sebagai kader selama waktu tertentu untuk pengisian jabatan politik. Artis, akademisi, birokrasi, siapapun boleh masuk politik tapi berproses dulu melalui internal partai politik," ujar Titi dalam diskusi publik, Selasa (17/9).

Senada, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) juga menilai maraknya fenomena artis yang maju Pilkada 2024 adalah bentuk kegagalan partai politik dalam melakukan kaderisasi.

Peneliti Perludem, Kahfi Adlan Hafiz menyayangkan partai politik yang tidak mengutamakan kader internalnya maju di Pilkada mendatang. Padahal menurutnya kader internal dinilai lebih siap dan layak maju karena telah melalui pendidikan atau sekolah partai.

Baca juga:


Sebelumnya, ramai menjadi sorotan banyaknya publik figur yang tiba-tiba masuk dunia politik dan melaju di pemilu legislatif. Fenomena itu kemudian berlanjut di Pilkada 2024.

Beberapa  nama-nama artis yang maju di Pilkada di antaranya;

Setelah gagal lolos dalam pemilu legislatif musisi  Jeje Ritchie Ismail atau Jeje Govinda maju dalam Pilbup Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Adik ipar pesohor Raffi Ahmad itu maju   sebagai calon Bupati didampingi oleh Asep Ismail sebagai calon Wakil Bupatinya didukung Partai Amanat Nasional. 

Selebritas lain yang juga maju dalam Pilkada di Kabupaten Bandung Barat adalah Gilang Dirgahari atau Gilang Dirga. Dia  mendampingi Didik Agus Triwiyono   didukung Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.

Lalu aktor dan komedian Ronal Surapradja mendaftar dalam Pilgub Jawa Barat. PDI Perjuangan mengusung Jeje Wiradinata sebagai calon Gubernur dan Ronal Surapradja sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Kemudian pesohor Vicky Prasetyo mendaftar sebagai calon Bupati Pemalang, Jawa Tengah. Vicky Prasetyo maju diusung Partai Kebangkitan Bangsa.

Selanjutnya penyanyi Krisdayanti mendaftar dalam Pilwalkot Batu, Jawa Timur diusung Partai Demokrasi Perjuangan (PDI). Mertua Atta Halilintar ini menjadi calon Wali Kota Batu didampingi oleh Kresna Dewanata (Dewa) sebagai wakilnya.

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!