NUSANTARA

UNS Solo Kembangkan 4 Pesawat Nirawak, Bisa Kirim Logistik

Empat jenis pesawat nirawak itu yakni robot terbang untuk balap cepat, ketepatan sasaran, kekuatan mengangkat beban, dan rekaman real time.

AUTHOR / Yudha Satriawan

EDITOR / Wahyu Setiawan

Ecoenzym
Empat pesawat nirawak UNS Solo dipamerkan di kompleks kampus, Senin (9/9/2024). Foto : KBR/ Yudha Satriawan

KBR, Solo - Tim Bengawan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengembangkan pesawat nirawak. Juru bicara tim Bengawan Nurul Muhayat nengatakan ada empat jenis peswat nirawak yang dikembangkan sesuai penggunaannya.

Nurul meyakini teknologi pesawat nirawak akan menjadi tren masa depan.

"Ada empat jenis prototipe pesawat nirawak yang kami buat. Kalau dikembangkan lebih jauh itu bisa jadi pengirim logistik, kan tren sekarang bisnis pengiriman barang lagi naik," ujar Nurul di Solo, Selasa (10/9/2024).

Dia mengeklaim pesawat nirawak itu bisa melewati lorong-lorong sempit.

"Sistem otonomous-nya yang jadi kelebihannya. Jadi dia bisa bekerja sendiri sesuai dengan program yang dimasukkan. Jika ada bencana di gedung area sempit, nah pesawat nirawak ini bisa memasuki lorong atau track di gedung tanpa masalah," klaim dia.

Nurul mengatakan empat jenis pesawat nirawak buatan tim UNS Solo ini akan berlaga dalam Kontes Robot Terbang Indonesia di Yogyakarta, pekan ini.

Empat jenis pesawat nirawak itu yakni robot terbang untuk balap cepat, ketepatan sasaran, kekuatan mengangkat beban, dan rekaman real time.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!