NUSANTARA

Tiket Mudik Lebaran dari Stasiun Daop 7 Madiun Hampir Habis

"56 ribu lebih atau sekitar 84 persen sudah terpesan. "

Muji Lestari

Tiket Mudik Lebaran dari Stasiun Daop 7 Madiun Hampir Habis
Suasana di Stasiun Jombang, Jawa Timur, Senin, 18 Maret 2024. Foto: KBR/Muji Lestari

KBR, Jombang- Tiket kereta api untuk angkutan Lebaran dari sejumlah stasiun wilayah Daop 7 Madiun hampir ludes terjual. Data per Selasa malam, 19 Maret 2023, tercatat lebih dari 56 ribu tiket sudah terpesan.

Manajer Humas PT KAI Daop 7, Kuswardoyo menjelaskan, total tiket angkutan Lebaran yang disediakan 66.792 kursi. Jumlah itu merupakan kapasitas tempat duduk lima perjalanan kereta api yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 7. Yakni, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Kediri, Tulungagung, dan Stasiun Blitar.

Kata dia, keberangkatan penumpang terbanyak terjadi pada masa pralebaran tepatnya 6 April 2024. Saat itu, jumlah tiket terpesan sebanyak 2.756. Lalu pascalebaran atau 14 April 2024. Di hari tersebut, tiket yang dipesan sebanyak 7.138.

KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong dan KA Brantas tambahan jurusan Blitar-Jakarta Pasar Senen menjadi kereta api favorit.

"Sebanyak 56.334 tempat duduknya sudah terjual atau 84 persen dari ketersediaan. KA Kahuripan keberangkatan dari Blitar menuju Kiaracondong menjadi KA favorit warga masyarakat sehingga untuk perjalanan mulai dari 31 Maret sampai 21 April 2024 nanti semua tiket sudah terjual habis. Demikian juga KA Brantas tambahan untuk tanggal 12 sampai 21 April 2024 juga tak terjual habis," katanya, Rabu, (20/3/2024).

Antusiasme Tinggi

Kuswardoyo menyebut antusiasme pemudik yang berniat menggunakan moda transportasi kereta api cukup tinggi. Itu terlihat, pada awal pembukaan penjualan tiket mudik kereta. Karena itulah sampai hari ini, ketersediaan tempat duduk semakin menipis.

Dengan tingginya minat menggunakan jasa kereta api, KAI Daop 7 berkomitmen menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik dan memprioritaskan keselamatan perjalanan.

Sejauh ini, KAI Daop 7 Madiun memastikan kesiapan menghadapi angkutan Lebaran. Kesiapan itu meliputi pemeriksaan sarana dan prasarana, daerah rawan, hingga pemeriksaan Standar Pelayanan Minimun (SPM).

"Kami mengimbau calon penumpang memastikan saat melakukan pemesanan tiket lebih teliti agar tidak terjadi kesalahan input data identitas maupun tanggal keberangkatan yang dikehendaki," pungkasnya.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Tiket KAI
  • Mudik
  • KAI
  • Lebaran

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!