NUSANTARA

Tiga Varian Cabai Dijual di Atas Rp80 Ribu di Kota Bandung

Cabai rawit merah Rp100 ribu per kilogram.

AUTHOR / Arie Nugraha

Tiga Varian Cabai Dijual di Atas Rp80 Ribu di Kota Bandung
Ilustrasi: Pedagang cabai di pasar tradisional. (Foto: Antara)

KBR, Bandung- Harga tiga varian cabai di sebagian pasar tradisional Kota Bandung, Jawa Barat, saat ini tembus Rp80 ribu per kilogram.

Rinciannya menurut salah satu pedagang Pasar Kosambi, Kota Bandung, Wida, cabai merah keriting Rp90 ribu, cabai merah besar Rp80 ribu, dan cabai rawit merah Rp100 ribu per kilogram.

"Kemarin kan (musim) kemaraunya panjang, jadi terus dari pemasok yang lain tuh kurang pasokannya, termasuk ke pasar induknya. Kualitasnya bagus sampai detik ini walau harganya setinggi ini sampai sekarang kualitasnya bagus," ujar Wida, Bandung, Jumat, 17 November 2023.

Wida mengatakan, meski tiga varian cabai tersebut tetap terjual dengan harga tinggi, namun banyak pembeli mengeluh.

Terutama, para pengusaha pengolah makanan (katering) dan resto. Alasannya, dengan harga bahan baku tinggi, tidak mungkin mereka menaikkan harga jual makanan yang diolahnya.

"Pasti dia engga bisa naikin (harga) kalau jual makanan yang sudah matang. Sedangkan bahan bakunya sekarang naiknya setengah harga (dari semula) nyampai 50 persenan," kata Wida.

Wida mengaku, suplai berbagai varian cabai dan komoditas lain tidak mengalami kendala. Tetapi, ia berharap harga dapat normal kembali.

"Kasihan ke masyarakat kecil tidak bisa menikmati. Menurut saya harga harus stabil lagi biar bisa berbelanja lagi setiap hari," sebut Wida.

Daftar Harga Komoditas Pangan

Berdasarkan data Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, per 17 November 2023, terdapat sejumlah kebutuhan pokok yang dijual dengan harga tinggi.

Menurut Kepala bidang Distribusi Perdagangan dan Pengawasan Kemetrologian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, komoditas itu antara lain cabai rawit merah, cabai rawit hijau, cabai merah keriting, cabai merah tanjung, dan cabai hijau keriting.

"Harga cabai rawit merah dijual dengan harga terendah Rp90 ribu dan tertinggi Rp100 ribu per kilogram. Cabai rawit hijau dijual dengan harga terendah Rp70 ribu dan tertinggi Rp100 ribu per kilogram. Cabai merah keriting dijual dengan harga terendah Rp80 ribu dan tertinggi Rp100 ribu per kilogram," jelas Meiwan.

Sedangkan untuk cabai merah tanjung dijual dengan harga terendah Rp70 ribu, dan tertinggi Rp90 ribu per kilogram.

Harga cabai hijau keriting dijual dengan harga terendah Rp50 ribu, dan tertinggi Rp60 ribu per kilogram.

"Sedangkan harga bawang merah dijual dengan harga terendah Rp32 ribu, dan tertinggi Rp40 ribu per kilogram. Bawang putih dijual dengan harga terendah Rp35 ribu, dan tertinggi Rp40 ribu per kilogram. Bawang bombai dijual dengan harga terendah Rp30 ribu, dan tertinggi Rp40 ribu per kilogram," sebut Meiwan.

Sedeangkan untuk harga dua varian beras, yakni beras medium dijual dengan harga terendah Rp13 ribu, dan tertinggi Rp13.500 per kilogram. Beras premium dijual dengan harga terendah Rp14 ribu, dan tertinggi Rp15 ribu per kilogram.

Harga beberapa kebutuhan pokok masyarakat ini merupakan data rerata yang diambil dari 11 pasar tradisional di Kota Bandung oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!