NUSANTARA

Tabrakan Kereta di Cicalengka, Berikut Rute Pengalihan Sejumlah KA

PT KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain. Beberapa KA ke arah timur harus memutar Bandung-Cikampek-Cirebon-Purwokerto.

AUTHOR / Arie Nugraha

Tabrakan Kereta di Cicalengka, Berikut Rute Pengalihan Sejumlah KA
Foto udara proses evakuasi gerbong kereta yang kecelakaan di Cicalengka, Kab Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). (Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi)

KBR, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) tengah melakukan evakuasi dua rangkaian kereta yang tabrakan di jalur petak stasiun Cicalengka-Haurpugur antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng–Bandung dan Commuter Line Bandung Raya.

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, perjalanan sejumlah KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur–Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

"Karena jalur ini untuk sementara waktu belum bisa dilalui, jadi semua KA yang berjalan dari Bandung menuju ke arah Selatan yaitu Bandung, Tasikmalaya kemudian Banjar perjalanannya---selama ini belum bisa kita evakuasi---dengan pola operasi memutar," ujar Joni di Bandung, Jumat (5/1/2024).

Joni mengatakan seluruh KA akan memutar ke arah Utara dari Bandung menuju Cikampek, Cirebon, Purwokerto dan ke Kroya.

Joni berharap proses evakuasi gabungan dari PT KAI dan lintas instansi lainnya akan berjalan lancar cepat.

"Informasi sementara korban jiwa itu baru satu, pramugara kereta. Nanti kita akan upodate lagi," kata Joni.

Sementara itu, juru bicara PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Ayep Hanapi, menjelaskan terdapat enam KA yang dialihkan operasinya dari jalur semula.

"Dampak pada KA, beberapa KA yang ke arah timur harus memutar Bandung - Cikampek - Cirebon - Purwokerto - Kroya," sebut Ayep.

Baca juga:


KA yang operasionalnya diputar jalurnya:

  • - KA Lodaya (92) relasi Bandung - Solo Balapan keberangkatan Bandung pukul 06.55 WIB.
  • KA Argo Wilis (6) relasi Bandung - Surabaya Gubeng keberangkatan Bandung pukul 07.40 WIB.
  • KA Baturaden Ekspres (182) Bandung - Purwokerto keberangkatan Bandung pukul 08.10 WIB.

KA Jarak Jauh terdekat yang rencananya akan memutar

  • KA Pasundan (240) relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng keberangkatan Stasiun Kiaracondong pukul 10.15 WIB.
  • KA Lodaya Tambahan (7024a) relasi Bandung - Solo Balapan keberangkatan Stasiun Bandung pukul 10.20 WIB.
  • KA Serayu (252) relasi Pasar Senen - Purwokerto berangkat Stasiun Pasar Senen Pukul 09.25 WIB.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, menegaskan langkah KAI selanjutnya usai evaksuai adalah melakukan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

"Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di dua KA yang mengalami musibah tersebut," kata Agus Dwinanto Budiadji.

Agus mengatakan bagi perjalanan sejumlah KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

Agus menjelaskan KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat peristiwa Kecelakaan Kereta Api (KKA) antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuter Line Bandung Raya di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1) pukul 06.03 WIB," ujar Agus.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!