NUSANTARA

Sungai di Desa Rejowinangun Tercemar Limbah Industri

KBR68H, Trenggalek - Sejumlah warga di Desa Rejowinangun Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengeluhkan tercemarnya sugai di desanya akibat pembuangan limbah industri tepung tapioka.

AUTHOR / Adhar Muttaqien

Sungai di Desa Rejowinangun Tercemar Limbah Industri
sungai, tercemar, limbah industri

KBR68H, Trenggalek - Sejumlah warga di Desa Rejowinangun Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengeluhkan tercemarnya sugai di desanya akibat pembuangan limbah industri tepung tapioka. Salah satu warga, Sutri mengatakan beberapa industri pembuatan tepung tapioka yang ada di Desa Pogalan Kecamatan Pogalan membuang limbahnya ke aliran sungai, akibatnya kondisi sungai saat ini berbau tidak sedap dan banyak ikan yang mati.

"(Pencemaran ini) dari pembuangaan limbah tepung tapioka, ini sudah berlangsung lama. Efeknya sungai menjadi bau dan mencemari ikan, sehingga ikannya banyak yang mati. Terkait kondisi ini kami tidak berani protes," kata Sutri.

Sutri menambahkan, pembuangan limbah industri tapioka tersebut dilakukan dengan cara dialirkan melalui pipa yang dipendam dalam tanah. Selain menjadi pembuangan limbah tapioka, sungai di wilayahnya juga menjadi lokasi pembuangan limbah tumah tanga. Pihaknya berharap pemerintah setempat segera mengambil tindakan agar kondisi sungai kembali normal.

Editor: Doddy Rosadi


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!