NASIONAL

Sepi, Shelter PKL Kuliner Solo Terdampak Piala Dunia U17

"Kemarin pada PKL sekitar venue yang ditutup sudah saya tawarkan beberapa lokasi alternatif agar mereka bisa tetap berjualan. "

AUTHOR / Yudha Satriawan

PKL terdampak Piala Dunia U17, Solo.
Shelter Sriwedari Solo lokasi alternatif PKL terdampak Piala Dunia U17 tampak sepi, Selasa (7/11/2023). (KBR/Yudha Satriawan)

KBR, Solo-  Pemkot Surakarta menyiapkan lokasi alternatif bagi pedagang kaki lima di shelter sekitar venue yang terdampak Piala Dunia U17. Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Surakarta, Heru Sunardi mengatakan ada 183 PKL di shelter kuliner venue Stadion Manahan dan 4 stadion pendamping untuk latihan timnas peserta. 

Menurut Heru, Pemkot juga sudah menyalurkan uang kompensasi bagi PKL selama 40 hari penutupan.

"Jadi PKL mulai tutup tanggal 25 Oktober kemarin. Boleh buka lapak lagi 5 Desember. Iya kan aturan FIFA sekitar venue harus steril. Kemarin pada PKL sekitar venue yang ditutup sudah saya tawarkan beberapa lokasi alternatif agar mereka bisa tetap berjualan. Ada shelter di Sriwedari, kalau mau mengisi kiosnya di shelter kosong kami persilakan. Intinya kami hanya bisa menawarkan opsi-opsi tersebut, relokasi sementara atau kompensasi uang. Mau dipakai yang mana ya monggo," ujar Heru, akhir pekan kemarin.

Lebih lanjut Heru menjelaskan penutupan lapak PKL di sekitar venue Piala Dunia U17 itu demi kepentingan umum. Aturan pemyelenggara Piala Dunia U17, jelas Heru, FIFA meminta kawasan Stadion Manahan steril dari aktifitas masyarakat kecuali kepentingan Piala Dunia yaitu penonton atau panitia lokal.

Baca juga:

Erick Janjikan Pembukaan Piala Dunia U-17 Indonesia Terbaik Sepanjang Sejarah 
Gibran Bantah Piala Dunia U-17 di Solo untuk Dongkrak Karir Politiknya

    Pantauan KBR, shelter PKL di Sriwedari tampak sepi. Banyak lapak yang kosong tanpa diisi dagangan PKL. Lokasi Shelter yang berada di pojok dengan akses gang masuk membuat shelter ini kurang diketahui warga.

    Shelter PKL kuliner di samping stadion Kotabarat sudah dibongkar dan bersih dari tenda PKL. Kawasan tersebut steril dari aktifitas warga karena dipakai untuk lapangan latihan salah satu timnas grup B yang akan berlaga di Piala Dunia U17 Solo.

    Dari pantauan di Shelter PKL kuliner sekitar venue Piala Dunia U17 Solo deretan lapak PKL sudah tutup. Spanduk bertuliskan pemberitahuan penutupan shelter sejak 25 Oktober - 5 Desember terpasang di lokasi. Biasanya, deretan lapak PKL di shelter kuliner itu dipadati rarusan orang yang jajan kuliner sambil berolahraga lari, jalan kaki, atau senam.

    Laga Piala Dunia U17 Indonesia akan berlangsung 10 November-2 Desember 2023. Solo menjadi salah satu lokasi perhelatan Piala Dunia U17. Selama ini venue stadion Manahan maupun empat stadion pendamping latihan di sekitarnya menjadi sentra kuliner bagi ratusan PKL.

    Editor: Rony Sitanggang

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!