NUSANTARA

Sebanyak 3 Kecamatan di Aceh Jaya Dikepung Banjir

”Sudah hujan, mungkin ditambah sungai-sungai yang banyak sedimentasi gak lancar lagi mungkin itu penyebabnya, sehingga airnya mudah terus meluap."

AUTHOR / Erwin Jalaludin

Bencana banjir di Aceh Jaya
Bencana alam banjir menerjang Desa Curek, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Minggu (31/12/23). (Ist/Erwin J)

KBR, Aceh– Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, dikepung bencana alam banjir, Minggu (31/12). Banjir terjadi disebabkan tingginya intensitas curah hujan yang mengakibatkan sungai meluap permukiman rumah penduduk, meliputi Kecamatan Pangan, Sampoiniet dan Krueng Sabee.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Jaya, Rimbawan mengatakan, Tim Rekasi cepat (TRC) sudah diterjunkan kelokasi untuk menanggulangi dampak banjir. Terutama dalam melakukan evakuasi warga korban banjir yang terjebak dilokasi bencana alam tersebut.

”Sudah hujan, mungkin ditambah sungai-sungai yang banyak sedimentasi gak lancar lagi mungkin itu penyebabnya, sehingga airnya mudah terus meluap. Tim Kita di lapangan lagi di Kecamatan Krueng Sabee, mungkin Kita tunggu arahan Pimpinan selanjutnya,” kata Rimbawan menjawab KBR.

Kata dia, rata-rata ketinggian air bervariasi 20 Centimeter sampai 2,6 Meter.

Baca juga:

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Jaya, Rimbawan melanjutkan,  BPBD bersama Dinas Sosial juga menyalurkan bantuan masa panik untuk menanggulangi kebutuhan korban banjir. Belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa bencana tersebut.


 Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!