NASIONAL

Rincian Realisasi Penyaluran Bansos Usai Pemilu 2024

Realisasi anggaran itu tercatat sampai dengan 29 Februari 2024.

AUTHOR / Resky Novianto

Rincian Realisasi Penyaluran Bansos Usai Pemilu 2024
Petugas memotret warga penerima bantuan sosial Kementerian Sosial di Kantor Pos Denpasar, Bali, Selasa (19/3/2024). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan realisasi anggaran perlindungan sosial (Perlinsos) mencapai Rp37,9 triliun di tahun ini. Nilai tersebut setara 7,6 persen dari total pagu Rp496 triliun untuk tahun 2024.

Realisasi anggaran itu tercatat sampai dengan 29 Februari 2024.

"Di mana 22,6 triliun adalah melalui kementerian lembaga seperti Kemensos itu sudah membayarkan Rp12,8 triliun kepada keluarga PKH yaitu 10 juta keluarga penerima dan sembako untuk 18,7 juta kelompok penerima," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa di Jakarta, Senin (25/3).

Sri Mulyani menjelaskan, anggaran perlinsos lainnya direalisasikan lewat program jaminan kehilangan pekerjaan Kementerian Ketenagakerjaan sebesar Rp87,6 miliar.

Kemudian ada anggaran tanggap darurat BNPB untuk bencana Rp800 juta, serta Rp14,3 triliun untuk membayar subsidi energi BBM elpiji dan listrik.

"Sedangkan untuk transfer Rp900 miliar dalam bentuk bantuan langsung tunai di level desa, dalam hal ini penerimanya adlah 903,9 ribu kelompok penerima. Ini yang mengeksekusi adalah pemerintah daerah," ujarnya.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!