NUSANTARA

Ribuan Produk UMKM di Jawa Barat Mendapat Sertifikat Halal

Jabar menjadi provinsi dengan jumlah produk bersertifikat halal terbanyak di Indonesia, yakni 694.684.

AUTHOR / Arie Nugraha

Ribuan Produk UMKM di Jawa Barat Mendapat Sertifikat Halal
Roadshow #KITAHALALIN Jabar 2024 dihadiri 1.000 pelaku UMKM di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran, Kamis, (16/05/2024). Foto: Adpim Jabar

KBR, Bandung- Seribu produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Barat mendapatkan sertifikat halal self declare dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kementerian Koperasi dan UKM).

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin, ribuan produk itu berasal dari Bandung Raya, yakni Kota serta Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

"Kami mendukung pemberian sertifikat halal, tapi yaitu tadi harus ada kejelasan aturan, kejelasan karir jangan sampai mereka membayar yang tidak pada porsinya. Dari kami sisi pemerintah baik melalui kementerian, dan Pemerintah Provinsi Jabar, mendorong setransparan mungkin," ujar Bey di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Kamis, (16/05/2024).

Bey menambahkan, masih ada informasi terkait sertifikat halal yang belum diterima pelaku UMKM. Contohnya soal adanya pendampingan di lapangan bagi pelaku UMKM usai menerima sertifikat.

"Saya minta kepada deputi, Pak Deputi tolong jelaskan lagi kepada para pelaku mikro, pelaku UMKM jangan sampai mereka tidak punya koordinasi," imbuhnya.

Bey berharap dalam waktu mendatang hal itu tidak terulang, sebab proses mendapatkan sertifikat mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit.

"Jangan sampai mereka membayar bukan pada porsinya. Saya sampaikan selamat kepada (UMKM) yang sudah menerima sertifikat, semoga usahanya makin lancar dan makin laku," kata Bey.

Mencerminkan Kehalalan Produk?

Bey mengingatkan agar sertifikat tersebut betul-betul mencerminkan kehalalan produk, mengingat ini adalah self declare.

Pemberian sertifikat halal diberikan Kementerian KUKM saat acara Roadshow #KITAHALALIN Jabar 2024 yang juga diprakarsai Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat.

"Jabar adalah provinsi dengan populasi muslim terbesar di Indonesia. Produk halal termasuk dari UMKM menjadi tuntutan," ucap Bey.

Jabar Provinsi dengan Produk Bersertifikat Halal Terbanyak

Data menunjukkan, hingga akhir 2023 Jabar menjadi provinsi dengan jumlah produk bersertifikat halal terbanyak di Indonesia, yakni 694.684.

Sertifikat halal ini berangkat dari self declare (klaim sendiri) UMKM, kemudian didampingi Kementerian KUKM untuk mendapatkan sertifikat halal. Proses pendampingan dimulai sejak April 2024.

Sementara itu, Deputi bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Yulius mengatakan, sertifikat halal penting karena memberi rasa tenang kepada konsumen untuk membeli suatu produk.

"Ini roadshow ketujuh, dan akan ada 15 roadshow pada tahun ini, dan tahun depan kita akan roadshow lagi," ucap Yulius.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!