NUSANTARA

Ribuan KK di Banyuwangi Menerima Bansos 10 Kg Beras

Total ada 122.047 KK yang menerima bansos beras.

AUTHOR / Hermawan Arifianto

Ribuan KK di Banyuwangi Terima Bansos 10 Kg Beras
Ilustrasi: Sejumlah warga membeli beras di operasi pasar murah di Terminal Pasar Liwa, Lampung Barat (22/2/2023). (Foto: ANTARA/Riadi Gunawan)

KBR, Banyuwangi- Ribuan Kepala Keluarga (KK) di Banyuwangi, Jawa Timur, menerima bantuan sosial (bansos) beras 10 kilogram dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Banyuwangi, Harisun mengatakan, total ada 122.047 KK yang menerima bansos beras. Bansos ini merupakan bantuan pangan tahap dua untuk tahun ini. Bantuan diberikan untuk menekan laju harga beras yang diakibatkan sejumlah faktor, antara lain El Nino.

Sebab, saat ini harga beras di pasar terus naik selama beberapa pekan terakhir. Di pasaran, harga beras tingkat medium Rp10.900 per kilogram, sedangkan beras premium dihargai Rp13.900 per kilogram.

“Kami sudah menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat per KPM itu 10 kg gratis selama 3 bulan. Jadi alokasi yang sekarang dilakukan alokasi September. Nanti Oktober rencana di minggu kedua, nanti juga November seperti itu,”ujar Harisun via telepon, Senin, (25/9/2023).

Kepala Bulog Banyuwangi Harisun, menambahkan, bantuan beras diberikan untuk tiga bulan berturut, mulai September, Oktober, dan November. Bantuan beras telah disalurkan sejak 18 September dan ditargetkan rampung akhir bulan ini.

Selain mendistribusikan beras bantuan pangan, beberapa upaya lain juga dilakukan untuk menekan harga beras. Mulai dari memasok beras program stabilitas pasokan dan harga pangan atau SPHP ke pasar- pasar hingga operasi pasar.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!