NUSANTARA

PVBMG Pasang Alat Pengukur Gas di Gunung Dieng

KBR68H, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah memasang dua alat untuk mengukur konsetrasi gas di sekitar Kawah Timbang, Gunung Dieng, Jawa Tengah.

AUTHOR / Indra Nasution

PVBMG Pasang Alat Pengukur Gas di Gunung Dieng
gunung dieng, alat pengukur gas

KBR68H, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah memasang dua alat untuk mengukur konsetrasi gas di sekitar Kawah Timbang, Gunung Dieng, Jawa Tengah. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Tunut Pujihardjo mengatakan pemasangan dilakukan di delapan titik.

"Itu detektor gas disini ada dua macam yang satu adalah Telimetri laju rendah TLR yang kedua kami gunaan dektektor gas namanya multi one yang akan mengukur kandungan gas beracun yang akan mengukur kandungan gas berancun dlaur lingkaran 500 meter," kata Tunut kepada KBR68H

Sejak awal bulan ini, pegunungan Dieng menunjukan peningkatan aktivitas. Peningkatan kadar gas beracun Dieng telah membunuh hewan ternak yang berada di radius 50 meter dari bibir kawah. Sebelumnya, larangan tidak boleh mendekati kawah hingga jarak 500 meter telah diberlakukan dan daerah di sekitar kawah tersebut masih dalam status waspada.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!