NUSANTARA

Puting Beliung Menerjang 85 Ruko di Aceh Utara, Kerugian Miliaran

Udara yang bergerak cepat dan bertekanan tinggi itu berdurasi beberapa menit pada pukul 16.30 WIB, Kamis, 18 Juli 2024.

AUTHOR / Erwin Jalaludin

EDITOR / Sindu

Puting Beliung Menerjang 85 Ruko di Aceh Utara, Kerugian Miliaran
Atap ruko milik salah seorang warga Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, rusak diterjang puting beliung. Foto: Istimewa

KBR, Aceh Utara– Puluhan rumah, rumah toko (ruko), dan warung di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, rusak diterjang puting beliung. Udara yang bergerak cepat dan bertekanan tinggi itu berdurasi beberapa menit pada pukul 16.30 WIB, Kamis, 18 Juli 2024.

Juru bicara Pemkab Aceh Utara, Hamdani Abdullah mengatakan, puting beliung disertai hujan deras menyebabkan masyarakat panik berhamburan keluar dari hunian untuk menyelamatkan diri ke tempat aman.

"Kita terus mengimbau dan mengajak masyarakat untuk berhati-hati keluar rumah dengan mengamati cuaca. Apabila, cuaca ekstrem mohon tidak keluar rumah atau harus waspada," kata Hamdani kepada KBR, Kamis, (18/07).

Menurut Hamdani, Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah diterjunkan ke lokasi untuk mengevakuasi dan mendata korban puting beliung. Berdasarkan data sementara tercatat ada sekitar 85 ruko, rumah, dan warung yang rusak.

Belum ada laporan korban jiwa akibat dampak bencana puting beliung. Namun, kerugian materil ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Peristiwa ini terjadi di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Aech Utara, meliputi Nibong, Matangkuli, Lhoksukon, dan sekitarnya.

Baca juga:


Krisis Air Bersih Melanda 5 Desa di Aceh Besar, Faktornya?

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!