NUSANTARA

Puluhan Hektare Lahan di Kawasan Gunung Ijen Terbakar

"Di area Kawah Wurung di belakang ada warung yang di parkiran itu di belakangnya sudah mendekati. Kemarin kita lihat sudah ada yang melakukan penanganan juga,”

AUTHOR / Hermawan Arifianto

Kebakaran lahan Kawah Wurung, Gunung Ijen
Kawasan Kawah Wurung, Gunung Ijen, Bondowoso, Jatim terbakar, Rabu (09/09/23). (BPBD Bondowoso)

KBR, Bondowoso-  Sebanyak 20 hektare lahan terbakar di Destinasi Wisata Alam Kawah Wurung, kawasan Gunung Ijen wilayah Bondowoso, Jawa Timur. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Yuliono Triandana, membenarkan kejadian tersebut. 

Kata dia, kebakaran terjadi sejak Rabu sore (9/8/2023) dan hingga Kamis Pagi ini, api diperkirakan belum padam sepenuhnya. Sebab medan di lokasi kebakaran tidak bisa di jangkau kendaraan pemadam kebakaran.

Kata Yuliono, api cepat berambat ke area lainya, karena embusan angin di kawasan tersebut cukup kuat, sehingga lahan yang mayoritas ditumbuhi ilalang yang sudah mengering sangat mudah terbakar. Selain itu ilalang yang terbakar banyak yang bertebaran dibawa aingin, sehingga mudah membakar tumbuhan lainya yang mengering akibat kemarau ini.

“Betul kemarin kita kordinasi dengan wilayah memang betul. Di area Kawah Wurung di belakang ada warung yang di parkiran itu di belakangnya sudah mendekati. Kemarin kita lihat sudah ada yang melakukan penanganan juga,”ujar Yuliono Triandana hari ini Kamis (10/8/2023) di Bondowoso dikonfirmasi melalui telpon.

Baca juga:

- Januari-Juli 2023, 220 Hektare Lahan di Aceh Terbakar

- BNPB: 1862 Bencana, Hampir 3 Juta Warga Mengungsi

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagan BPBD Bondowoso Yuliono Triandana, menambahkan tim gabungan, terus melakukan lokalisir api dengan cara memadamkan api secara manual. Diharapkan api tidak terus menjalar ke daerah lainya.


Yuliono mengatakan, untuk titik lokasi lahan yang terbakar yaitu di blok Gunung Roti, petak 91D, 92C dan Blok Kawah Wurung petak 90 A. Untuk di petak 91 D area yang terbakar mencapai 18,5 hektare, petak 92C 0,5 hektare serta petak 90A seluas 1 hektare.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!