NASIONAL

Projo Dukung Prabowo, Perintah Jokowi?

"Tidak mungkin Projo mendaklarasikan capresnya kepada Prabowo tanpa ada izin, restu, dukungan, dan perintah dari Pak Jokowi,”

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Projo Dukung Prabowo
Prabowo Subianto menerima bendera relawan Projo di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (14/10/2023). ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KBR, Jakarta- Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai dukungan relawan Pro Jokowi (Projo) kepada Prabowo Subianto sebagai  calon presiden 2024  menjadi sinyal kuat dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo. Ujang mengatakan sebagai kumpulan relawan besar, tak mungkin Projo memberi dukungan ke Prabowo tanpa adanya restu dari Jokowi.

“Kalau saya melihatnya ini adalah sinyal kuat ya dukungan Jokowi kepada Prabowo Subianto dengan Projo mendeklarasikan dukungannya kepada Praboowo Subanto di Kertanegara pasca-Rakernas itu. Jadi dalam konteks itu, Projo kan relawan Jokowi asli, langsung, terbesar gitu kan dimiliki oleh Jokowi, tidak mungkin Projo mendaklarasikan capresnya kepada Prabowo tanpa ada izin, restu, dukungan, dan perintah dari Pak Jokowi,” kata Ujang kepada KBR, Minggu (15/10/2023).

Kendati demikian, menurut Ujang, dukungan Projo ke Prabowo belum final, terlebih hingga kini belum diketahui siapa bakal calon wakil presiden yang mendampingi Prabowo.

Santer terdengar, Walikota Solo yang juga dikenal putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka digadang sebagai bacawapres Prabowo.

Namun itu mesti menunggu terlebih dahulu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas minimal calon presiden-wakil presiden. Jika permohonan dikabulkan, maka kemungkinan Gibran yang berusia 36 tahun bisa maju sebagai calon wakil presiden dari Prabowo.

“Kalau Gibran bisa mulus jadi cawapres dengan putusan MK, maka ya Jokowi akan total mendukung Prabowo karena pasangannya Prabowo-Gibran. Nah jika Gibran ditolak oleh MK artinya tidak memenuhi syarat cawapres karena faktor usia maka kemungkinan besar cawapres Prabowo yang lain bisa Erick Thohir, bisa yang lain juga. Dalam konteks itu apakah Jokowi masih dukung Prabowo dan pasangannya? Ya bisa jadi, saya melihatnya begitu,” ucap Ujang.

Menurut Ujang, dukungan Projo ke Prabowo berpotensi meningkat elektabilitas namun memang perlu diuji dengan survei.


Baca juga:

Sebelumnya, relawan pendukung Presiden Jokowi, Projo, resmi mendukung Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dukungan itu dideklarasikan di kediaman Prabowo di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10/2023).

Deklarasi dilakukan usai Projo menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) yang dihadiri Presiden Jokowi, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi dan pimpinan Projo lainnya.

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi mengatakan keputusan untuk mendukung Prabowo dibuat usai konsultasi dengan Ketua Dewan Pembina Projo, Joko Widodo. Budi menampik anggapan Jokowi menyuruh Projo mendukung Prabowo.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • asenga year ago

    sebenarnya mau macam mana pun itu semua keputusan bapak jokowi lagian mau siapapun nanti yang terpilih kami harap bisa lebih membawa perubahan positif lagi agar indonesia bisa lebih sejahtera terutama di bagian industri dan lapangan kerja itu lah yang dapat kami sampaikan semoga bisa di pahami info laiinya bisa kunjungi kami di https://ninercaphell.com/