NUSANTARA

Program Prabowo-Gibran, Pemkot Solo Siapkan Kotak Makan

Rencana penyediaan kotak makan merupakan hasil evaluasi pelaksanaan program tersebut di sejumlah sekolah.

AUTHOR / Yudha Satriawan

EDITOR / Sindu

Program Prabowo-Gibran, Pemkot Solo Siapkan Kotak Makan
Suasana uji coba Program Makan Siang Bergizi Prabowo-Gibran di SMPN 1 Solo, Selasa, 17-09-2024. Foto: KBR/Yudha Satriawan

KBR, Solo- Pemkot Solo akan menyediakan kotak makan bagi siswa SD dan SMP untuk Program Makan Bergizi Prabowo-Gibran. Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan, rencana penyediaan kotak makan merupakan hasil evaluasi pelaksanaan program tersebut yang berlangsung di sejumlah sekolah.

"Ini serius program ini. Ya, nanti kita akan mendampingi. Setidaknya apakah APBD kita di Solo bisa membeli wadah tempat makan seperti ini? Kita hitung ada berapa ribu siswa SD dan SMP di Solo, berapa harga wadah ini? Kalau satu wadah harganya 5-8 ribu rupiah, ya, kalkulasi lagi. Setiap anak kan butuh dua wadah. Satu dibawa buat besok, dan satu dipakai buat makan hari ini. Setelah dipakai, ya, dicuci," ujar Teguh di sela-sela memantau pelaksanaan uji coba makan siang bergizi SMPN 1 Solo, Selasa, (17-9-2024).

Kata dia, isi menu makanan disediakan lewat dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), sedangkan tempat makan akan disediakan Pemkot Solo. Selama ini kotak makan yang digunakan adalah plastik murah. Nantinya akan diganti tempat makan yang lebih layak, dan ditempel identitas masing-masing siswa.

"Ada tahapannya, nanti semua sekolah, negeri dan swasta. Kemarin kita pakai kemasan plastik kan meleyot, tidak kuat menahan isi makanan. Sementara ini, siswa bawa wadah bekal tempat makanan sendiri-sendiri dari rumah. Ditempel nama identitas siswa pemilik", imbuh Teguh.

Teguh mengeklaim, Progran Makan Bergizi Prabowo-Gibran untuk siswa SD-SMP menjadi investasi masa depan. Selain itu, ia berharap tidak ada anak stunting atau mengalami gizi buruk di Solo.

Hari ini, Pemkot Solo kembali menggelar uji coba Program Makan Siang Bergizi di tingkat SMP. Dua bulan sebelumnya, program serupa digelar di tingkat SD. Harga per porsi makanan sekitar Rp14.900, terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, buah segar, dan susu kemasan kotak.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!