NUSANTARA

PPDB Online, Dua SDN di Solo Minim Jumlah Pendaftar

Dua SD tersebut masing-masing hanya menerima satu siswa sedangkan jalur afirmasi satu hingga dua siswa.

AUTHOR / Yudha Satriawan

EDITOR / R. Fadli

PPDB
Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Solo, Jawa Tengah, Dian Rineta, di Balai Kota Solo, Senin (15/7/2024). (Foto: KBR/Yudha Satriawan)

KBR, Solo - Dua sekolah dasar negeri (SDN) di Solo, Jawa Tengah minim pendaftar dalam sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online.

Kepala Dinas Pendidikan Solo, Dian Rineta menjelaskan, dari jalur zonasi, dua SD tersebut masing-masing hanya menerima satu siswa sedangkan jalur afirmasi satu hingga dua siswa.

"Jadi totalnya ada yang menerima empat dan dua siswa, totalnya dengan afirmasi. Kalau enggak salah SDN Dawung Tengah dapat dua siswa, SDN Carangan dapat empat siswa. Pokoknya jumlahnya dua dan empat. Ya memang sudah kita rencanakan untuk di-regrouping tapi kan menghabiskan yang kelas lama dulu, masih ada 8 siswa di kelas 3, kelas 4 ada 7 siswa dan ada 9 siswa. Kalau sudah lulus semua, kita regrouping SD-nya," ungkap Dian di Balai Kota Solo, Senin (15/7/2024).

Lebih lanjut, Dian menjelaskan, idealnya untuk rombongan belajar kelas 1 SD ada 28 siswa. "Sebenarnya semakin sedikit siswa semakin baik karena pengajaran di kelas lebih efektif," imbuh Dian.

Dian memaparkan, kedua SD Negeri itu memang masuk dalam rencana Pemkot untuk di-regrouping tahun mendatang karena kondisi sekitar yang berada di perbatasan.

Baca juga:

Menko PMK: Tiap Daerah Harus Aktif Laporkan Kecurangan PPDB

PPDB Jabar 2024, 260 Siswa Dicoret

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!